nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

INKA Pasok 150 Lokomotif untuk Perusahaan Kereta Thailand

Koran SINDO, Jurnalis · Jum'at 23 Maret 2018 12:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 23 320 1876871 inka-pasok-150-lokomotif-untuk-perusahaan-kereta-thailand-GDK61SMPd3.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT INKA (Persero) bekerja sama dengan State Railway of Thailand (SRT) dalam pengembangan sektor perkeretaapian di Thailand. Perusahaan Thailand itu mengharapkan dukungan dari PT INKA dalam pengadaan lokomotif, transfer teknologi, maupun peningkatan kapasitas dalam industri perkeretaapian.

Rencana kerja sama tersebut diketahui saat Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menerima Perwakilan Khusus Pemerintah Thailand yang dipimpin Jenderal Chamlong Kunsong di Bina Graha, Jakarta, kemarin.

Baca Juga: Menteri Rini Tunjuk Budi Noviantoro Jadi "Masinis" INKA

Chamlong datang ke Indonesia bersama sejumlah delegasi untuk menandatangani perjanjian kerja sama antara PT INKA dengan SRT dan perusahaan Thanakorn Company Limited terkait peningkatan kerja sama perkeretaapian.

”Kerja sama ini akan menjadi tonggak baru yang lebih kokoh untuk meningkatkan kerja sama lain antara kedua negara dalam bidang politik, ekonomi, sosial, dan kebudayaan,” kata Moeldoko dalam keterangan tertulisnya kemarin.

Pemerintah Thailand, kata dia, memiliki visi dan gagasan besar sehingga itu akan menguatkan hubungan Indonesia dan Thailand.

Baca Juga: Pembangunan Pabrik Inka di Banyuwangi Dalam Tahap Pembebasan Lahan

Direktur Utama PT INKA Budi Noviantoro mengatakan, saat ini sedang dilakukan kerja sama antara SRT dengan PT INKA dalam bentuk penyediaan 150 lokomotif yang diawali dengan kontrak 50 lokomotif pada 2018.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan MoU antara PT INKA dan Thanakorn di Jakarta tadi malam. Selanjutnya perwakilan Pemerintah Thailand juga mengundang Pemerintah Indonesia dan PT INKA untuk hadir dalam pameran terkait industri kereta api di Bangkok serta bertemu dengan Perdana Menteri Thailand.

Baca Juga: Inka Incar Peluang Ekspor Kereta ke Afrika

Perwakilan Khusus Pemerintah Thailand Jenderal Chamlong Kunsong mengatakan kerja sama tersebut akan memungkinkan adanya terjadi transfer teknologi dalam bidang perkeretaapian dengan Indonesia.

”Thailand sekarang sedang membangun industri perkeretaapian,” kata Chamlong.

(yanto kusdiantono)

(yau)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini