nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kereta MRT dari Jepang Tiba di Tj Priok dan Segera Dibawa ke Lebak Bulus

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 04 April 2018 10:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 04 320 1881862 kereta-mrt-dari-jepang-tiba-di-tj-priok-dan-segera-dibawa-ke-lebak-bulus-1pUA308ZeV.jpg Ilustrasi: Kereta MRT Tiba dari Jepang (Reuters)

JAKARTA - Dua rangkaian kereta (12 kereta) MRT Jakarta tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada hari ini. Setelah tiba, nantinya kereta yang diproduksi oleh perusahaan kereta asal Jepang yakni Nippon Sharyo itu akan dipindahkan menuju Depo Lebak Bulus.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Okezone, Jakarta, Rabu (4/4/2018), nantinya proses penurunan kereta dari kapal kargo akan dilakukan pada Kamis, 5 April 2018 dan dilanjutkan untuk proses pengiriman ke Depo Lebak Bulus dengan menggunakan multi-axle trailer menuju ke Depo Lebak Bulus. Proses pengiriman akan berlangsung hingga 8 April 2018 sejak pukul 22.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB untuk mengurangi dampak kepadatan lalu lintas yang ditimbulkan.

Untuk 14 set rangkaian berikutnya akan mulai dikirim pada akhir Juni 2018. Sementara itu, ditargetkan 16 set rangkaian kereta MRT Jakarta akan tiba di Jakarta dan disiapkan untuk mengikuti rangkaian proses trial run.

 Baca Juga: Pengiriman 14 Kereta MRT Jakarta dari Jepang Ditargetkan Rampung November

Seperti diketahui, pada fase 1 ini, PT MRT Jakarta menyiapkan 16 set rangkaian kereta. 14 set rangkaian akan dioperasikan dan dua set akan disiagakan sebagai cadangan.

MRT Jakarta akan beroperasi pada pukul 05.00 hingga 24.00 WIB dengan rentang waktu antar kereta lima menit pada jam sibuk.

Hadirnya MRT Jakarta adalah terobosan baru bagi transportasi publik di kota ini. Tidak hanya akan meningkatkan mobilitas, MRT Jakarta juga akan memberikan manfaat tambahan,seperti perbaikan kualitas udara dan salah satu solusi mengatasi kemacetan, dengan adanya perubahan gaya hidup masyarakat Jabodetabek yang beralih dari penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi publik.

 Baca Juga : Depo MRT II Disepakati di Kampung Bandan

Sebagai informasi sebelumnya, Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan, kedua kereta yang datang merupakan kereta pertama dan kedua dari 16 yang dipesan. Nantinya kereta yang datang akan langsung dibawa ke Depo di Lebak Bulus.

Menurut William, sebelum didatangkan ke Jakarta, kereta tersebut sudah melalui tahap pengecekan di Jepang. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan tidak ada kekurangan dan kerusakan yang terjadi pada kereta tersebut.

"Awal April kereta pertama dan kedua dibawa ke Depo. Itu diangkut malam hari satu persatu. Listrik di depo juga awal April mulai terinstal," ujarnya beberapa waktu lalu.

Sementara William menyebut untuk ke-14 sisanya belum bisa dikirimkan karena kondisinya yang belum siap. Saat ini, delapan kereta sedang dalam tahap perakitan, lalu dua kereta sedang dalam persiapan suku cadang, dan empat sisanya masih belum dimulai pengerjaannya.

"Train 3-10 sedang assembling. Train 11-12 preaparing set. Train 13-16 belum dimulai," jelasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini