Brexit Dikenakan Biaya Regulator USD42 Juta

Keduari Rahmatana Kholiqa, Jurnalis · Selasa 10 April 2018 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 10 20 1884592 brexit-dikenakan-biaya-regulator-usd42-juta-3EkIlDXaET.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Pengawas keuangan Inggris mengatakan, perlu mendedikasikan GBP30 juta (USD42 juta) pengeluaran untuk menangani dampak Brexit pada sektor jasa keuangan tahun depan.

Financial Conduct Authority (FCA)  pada hari Senin mengatakan, akan mencurahkan GBP14 juta pengeluaran untuk penarikan AS dari Uni Eropa dengan menunda atau mengurangi aktivitas "tidak kritis".

Baca Juga: Inggris Siapkan UU Batasi Tarif Energi untuk Rumah Tangga

Melansir CNBC, Selasa (10/4/2018), industri jasa keuangan London diam-diam telah mempersiapkan Brexit (keluar dari Uni Eropa) mengingat kemungkinan kehilangan hak paspor UE-nya yang berarti akan membutuhkan lisensi tambahan untuk melayani pelanggan yang berbasis di Uni Eropa.

Hal ini tentu akan menaikkan  biaya regulator sebanyak GDB16 juta  di antaranya GDB5 juta dengan menargetkan perusahaan-perusahaan yang kemungkinan besar akan terpengaruh oleh Brexit dengan biaya, GDB5 juta lainnya akan berasal dari cadangan FCA dan sisa GDB6 juta akan berasal dari biaya yang dikenakan kepada perusahaan sebagai bagian dari peraturan baru.

Baca Juga: Inggris Ingin Capai Kesepakatan Perdagangan Bebas dengan China

"Kami mengakui bahwa tahun ini kami perlu mempersembahkan sejumlah besar sumber daya untuk penarikan dari Uni Eropa," kata Kepala Eksekutif FCA Andrew Bailey dalam sebuah pernyataan Senin.

Berbagai bank telah mengatakan mereka mungkin perlu menempatkan lebih banyak sumber daya ke negara-negara UE karena Brexit, dan mencari ke kota-kota seperti Dublin, Amsterdam, Paris, dan Frankfurt saat mereka mempersiapkan diri untuk penarikan AS dari blok tersebut.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini