DPR Setujui RUU ASEAN Framework Agreement Tingkat Pertama

Ulfa Arieza, Jurnalis · Rabu 11 April 2018 19:32 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 11 20 1885343 dpr-setujui-ruu-asean-framework-agreement-tingkat-pertama-QpYpFPof1M.jpg Penandatanganan RUU AFAS (Foto: Ulfa Arieza/Okezone)

JAKARTA - Anggota Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui rancangan undang-undang (RUU) protokol keenam ASEAN Framework Agreement on Services (AFAS) tingkat pertama. Adapun dari 10 fraksi anggota Komisi XI DPR RI hadir 9 fraksi dalam rapat tersebut. Fraksi yang berhalangan hadir adalah Fraksi Gerindra karena sedang melangsungkan Rakernas.

"Dengan selesainya pengambilan keputusan maka pengambilan keputusan RUU AFAS telah rampung. Maka kami silakan pendatangan naskah tersebut secara seremonial," ujarnya di Gedung DPR MPR, Jakarta, Rabu (11/4/2018).

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan sepakat dengan pandangan Komisi XI bahwa penguatan industri perbankan domestik penting untuk memanfaatkan kerjasama keuangan internasional tersebut.

"Adanya protokol keenam tersebut diharapkan membuat persaingan industri keuangan dalam negeri makin sehat yang akhirnya akan menguntungkan masyarakat Indonesia dengan adanya fee yang rendah," kata dia.

Dengan adanya RUU AFAS ini diharapkan perbankan Indonesia dapat melakukan ekspansi di kawasan ASEAN.

Selanjutnya, pemerintah akan melakukan komunikasi intensif dengan Komisi XI terkait dengan amandemen dalam RUU AFAS.

"Kerjasama dengan legislatif dengan DPR kami harapkan akan terus terjalin. Seperti yang disampaikan fraksi kami akan lakukan amandemen sehingga amandemen dapat dilakukan dalam waktu sesingkat-singkatnya," kata dia.

Penandatanganan ini dilakukan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dan turut disaksikan oleh Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini