nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Uji Coba Ganjil-Genap Tol Tangerang dan Jagorawi Berakhir Akhir April

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 16 April 2018 12:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 16 320 1887165 uji-coba-ganjil-genap-tol-tangerang-dan-jagorawi-berakhir-akhir-april-qLhi75MWBW.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA – Selain melakukan ujicoba pada Jalan Tol Jakarta Tangerang, pagi ini pemerintah juga melakukan ujicoba aturan ganjil genap di jalan tol Jakarta-Bohor- Ciawi (Jagorawi).

Ujicoba kebijakan ganjil genap di Tol Jagorawi dilakukan pada Gerbang Tol (GT) Cibubur 2.

Penerapan skema ganjil-genap di GT Cibubur 2 arah Jakarta dimulai pada pukul 06.00-09.00 WIB. Penerapan ini berlaku setiap hari Senin hingga Jumat, kecuali hari libur nasional.

Selain sistem ganjil genap, juga diberlakukan penerapan Lajur Khusus Angkutan Umum (LKAU) untuk bus.

Penerapan LKAU dari Bogor-Pasar Rebo arah Jakarta setiap pukul 06.00-09.00 WIB setiap hari Senin-Jumat kecuali libur nasional.

Untuk itu, pihaknya juga mengembangkan rute JR Connexion di lokasi perumahan prioritas untuk memberikan fasilitas terhadap pengguna kendaraan pribadi. Pengembangan rute tersebut disediakan di Legenda Wisata, Citra Grand, Cibubur Country, Metland Transyogi dan Cibubur Residence.

Kepala BPTJ Bambang Prihartono mengatakan ujicoba paket kebijakan tersebut nantinya akan dilakukan hingga akhir bulan April 2018. Barulah setelah itu, paket kebijakan tersebut akan diterapkan secara efektif pada awal bulan Mei 2018.

"Uji coba ini akan terus kita lakukan hingga akhir bulan April 2018," ujarnya melalui keterangan tertulis, Senin (16/4/2018).

Bambang menambahkan, dengan adanya paket kebijakan tersebut diharapkan kepadatan yang kerap terjadi di jalan tol, terutama pada jam-jam sibuk bisa berkurang. Lebih lanjut ia berharap, dengan diterapkannya paket kebijakan tersebut dapat menurunkan V/C Rasio dan meningkatkan rata-rata kecepatan kendaraan di jalan tol.

"Dengan adanya paket kebijakan ini, artinya Pemerintah hadir terhadap permasalahan transportasi. Kami berharap bahwa arus lalu lintas di jalan tol menjadi lebih terdistribusi, sehingga rata-rata kecepatan kendaraan di jalan tol dapat ditingkatkan," ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini