nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KEK Sei Mangkei Akan Jadi Kawasan Industri Pertama dengan Kereta Api

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 15:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 17 320 1887757 kek-sei-mangkei-akan-jadi-kawasan-industri-pertama-dengan-kereta-api-QTrTKRYT3H.jpg Pelabuhan. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggandeng Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan juga PT Perkebunan Nusantara (Persero) untuk memanfaatkan tanah dan alih status hasil pembangunan prasarana perkeretaapian di Kawasan Industri. Dengan adanya kerjasama tersebut, maka pengoperasian Kereta Api dari Kuala Tanjung menuju Kawasan Industri Sei Mangkei.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri mengatakan, jika sudah beroperasi, Sei Mangkei akan menjadi Kawasan Industri pertama yang dimasuki jalur kereta sejak perencanaan awal. Karena selama ini masuknya jalur kereta ke kawasan industri baru dimulai ketika kawasan tersebut mulai bangun dan berjalan.

"Sehingga memang pak putu mengatakan Sei Mangkei model pertama dimasuki kereta api untuk mendukung industri banyak KEK lain yang bisa kita manfaatkan. Tapi ada juga yang fasilitasnya ada tapi enggak bisa kita manfaatkan," ujarnya saat ditemui di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (17/4/2018).

Baca juga: Wah! Purwakarta Rekomendasikan Kecamatan Sukasari Jadi Kawasan Ekonomi Khusus

Kereta langsung menuju SEI Mangkei sendiri, nantinya akan beroperasi 9 perjalanan pulang pergi (pp) dalam sehari dengan waktu tempuh 45 menit di setiap perjalanannya. Kapasitas angkut dari setiap kali perjalanan sendiri adalah sekitar 750. "Kita bisa kapasitas angkut 750 ton. Sekali jalan per hari itu ada 9 Pulang pergi. waktu tempuh 45 menit KEK- Kuala Tanjung," ucapnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (PLT) Direktur Jenderal Pengembangan Perwilayahan Industri I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan kawasan industri Sri Mangkei merupakan KEK yang cukup spesial. Pasalnya, sejak awal perencanaannya, kawasan industri ini sudah dicanangkan agar bisa dimasuki oleh jalur kereta.

https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 17 320 1887674 kereta-langsung-menuju-kek-sei-mangkei-beroperasi-juli-2018-UsfPe8b6x4.jpg

Hal tersebut justru berbeda dengan kawasan industri lainya seperti contohnya Jababeka. Kawasan Industri Jababeka pada awal perencanaannya tidak ada keinginan bisa dimasukan jalur kereta.

"Kita bisa lihat Jababeka itu perencanaan awalnya tidak ada jalur KA. Sei Mangkei agak spesial karena sejak awal sudah direncanakan masuk jalur kereta. Sehingga hari ini awal komersialisasi jalur KA ya[g masuk ke KEK Sei Mangkei," jelasnya.

Oleh karena itu lanjut Putu, dirinya amat mengucapkan terima kasih atas kerjasama semua pihak sehingga bisa mewujudkan model awal yang sudah sejak dahulu direncanakan. Diharapkan, model seperti ini bisa menjadi percontohan bagi kawasan industri lainnya di masa mendatang.

"Kami ucapkan terima kasih begitu mendukung upaya ini ini menjadi Benchmark untuk KEK lain. Sehingga kami akan dorong KEK dari awal memiliki jalur kereta api. Sehingga dari awal dweelling time harus mulai dari awal," ucapnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini