nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tanpa UMKM, Pengangguran di Indonesia Membeludak

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Senin 23 April 2018 14:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 23 320 1890317 tanpa-umkm-pengangguran-di-indonesia-membeludak-dINb8NzgTc.jpg Foto: Tanpa UMKM, Pengangguran Membeludak (Lidya/Okezone)

JAKARTA - Revolusi Industri saat ini telah masuk ke Indonesia. Dengan masuknya era Industri 4.0 maka generasi muda juga dituntut agar melek dengan perkembangan teknologi terkini dan menjadi wirausaha digital.

Sekretaris Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Agus Muharram mengatakan, wirausaha penting bagi anak muda zaman sekarang agar tidak hanya mengharapkan kerja kantoran. Karena jika hanya mengharapkan menjadi pegawai maka pengangguran akan semakin membeludak.

"Strategi sekarang jadi wirausaha, karena tanpa wirausaha penggangguran akan membeludak," ungkapnya di Gedung Sindo, Senin (23/4/2018).

Baca Juga: Angka Pengangguran Indonesia Capai Level Terendah Sepanjang Sejarah

Menurutnya, dari 265 juta masyarakat saat ini sekitar 108 juta-110 juta adalah generasi milenial. Jumlah tersebut jika semaunya ingin menjadi PNS maka tidak akan bisa ditampung oleh Pemerintah.

"Jumlah peminat PNS itu luar biasa, di satu Kementerian 1:15. Jadi masih banyak yang ingin jadi PNS. Tapi sektor formal ini tidak bisa menampung semua sarjana di Indonesia," jelasnya.

 

Dengan kondisi ini, maka pemerintah akan mendukung semua pelaku usaha UMKM agar bisa berjuang bersaing di era teknologi saat ini. Karena menjadi wirausaha itu tidaklah mudah dan perlu dibantu.

"Ada perbedaan wirausaha dan pedagang. Pedagang menjual barang yang sudah ada sedangkan entrepreneur menciptakan karya. Misalnya dibeli buku harga Rp200.000 dan kemudian diukir dan dikasih tempat yang bagus modal Rp50.000 dan dijuallah buku itu menjadi Rp500.000. Jadi inovatif, berani mengambil risiko untuk meningkatkan nilai tambah," tukasnya.

 

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini