nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

China Tingkatkan Investasi ke Indonesia

ant, Jurnalis · Selasa 24 April 2018 19:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 24 320 1890995 china-tingkatkan-investasi-ke-indonesia-4iclSgdgZp.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA - China mengaku akan terus meningkatkan investasi ke Indonesia setelah sepanjang 2017 lalu pertumbuhan investasi negeri Tirai Bambu di Indonesia mencapai 27 persen.

"Tahun lalu investasi China di sini tumbuh 27%. Saya rasa momentum ini akan terus berlanjut bahkan sampai ke tahun-tahun berikutnya," kata Minister Counsellor Ekonomi dan Perdagangan Kedutaan Besar China untuk Indonesia Wang Liping di Jakarta, Selasa (24/4/2018).

 Baca juga: China Siap Investasi di Medan

Wang menuturkan, keyakinan tumbuhnya investasi China ke Indonesia berdasarkan upaya kedua negara untuk terus meningkatkan kerja sama ekonomi.

 Ilustrasi China (Foto: Reuters)

Pemerintah Indonesia, kata dia, terus melakukan upaya perbaikan untuk dapat mengundang investor China masuk dan menanamkan modal di Tanah Air. Ditambah pula dengan besarnya pasar Indonesia dan sumber daya alam melimpah.

 Baca juga: Disuruh Presiden Tutup, Mendag Pertahankan ITPC

"China sendiri punya pengalaman di bidang teknologi dan manufaktur. Ini bisa jadi peluang untuk terus bekerja sama dalam banyak aspek," ucapnya.

Wang menambahkan, investasi China ke Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Pada 2017, investasi negara itu mencapai USD3,36 miliar, masuk dalam peringkat ketiga terbesar negara yang paling banyak berinvestasi di Indonesia setelah Singapura dan Jepang.

"Tapi kalau dimasukkan investasi dari Hong Kong, investasi China seharusnya berada di posisi nomor satu," ujarnya.

 Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar AS Sentuh Rp13.747 per Dolar AS

Direktur Fasilitasi Promosi Daerah Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Husen Maulana mengatakan investasi dari China memang terus meningkat pesat.

Pada 2013, investasi China hanya sebesar USD297 juta dan menempatkannya pada peringkat 12 negara paling banyak berinvestasi di Indonesia. Kemudian, pada 2015, investasi China berhasil naik ke peringkat sembilan dengan nilai USD628 juta.

Husen juga mengatakan investor China juga masuk melalui Singapura yang banyak dijadikan basis bisnis. Belum lagi yang masuk melalui Hong Kong juga tidak kalah banyak.

"Kalau digabung mungkin investor yang terbesar ya China," ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini