nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tukar Uang Baru, Karyawan MNC Serbu Mobil Bank Indonesia

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Senin 28 Mei 2018 11:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 28 20 1903599 tukar-uang-baru-karyawan-mnc-serbu-mobil-bank-indonesia-NR6qzjF0Yl.jpg Foto: Penukaran Uang di MNC (Yohana/Okezone)

JAKARTA - Hari ini Kantor MNC Group kedatangan mobil penukaran uang pecahan kecil milik Bank Indonesia (BI). Kedatangan mobil penukaran uang tersebut dalam rangka menyambut Lebaran 2018.

Seperti diketahui, masyarakat Indonesia memiliki budaya menukarkan uangnya dengan pecahan yang lebih kecil untuk dibagikan kepada keluarga dan kerabat saat Lebaran. Kesempatan dapat menukar uang di wilayah kantor pun langsung dipergunakan para pegawai MNC Group. Mulai dari petugas keamanan hingga pegawai kantor mengantre untuk bisa melakukan penukaran uang.

Dalam pantauan Okezone, Senin (28/5/2018), penukaran uang yang baru dimulai pukul 11.00 WIB ini pun sudah ramai sejak pukul 10.00 WIB oleh pegawai yang mengantre. Seperti yang dilakukan Fahmi, salah satu karyawan MNC Group ini bahkan rela datang sejak pukul 10.00 WIB, hal ini dilakukannya untuk bisa segera melakukan penukaran uang.

Dia mengaku, dengan kehadiran mobil layanan ini sangat membantu bagi pekerja karena menghemat waktu ditengah kesibukan.

"Layanan ini kan efisiensi yah, menghemat waktu di hari kerja. Enggak perlu ketempat penukaran BI lainnya atau ke kantor cabang bank. Dapat fasilitas sendiri dari kantor, jadi dimanfaatkan," ujarnya di Kantor MNC Group, Kebon Sirih, Jakarta, Senin (28/5/2018).

 

Dia pun melakukan penukaran uang untuk dibagikan kepada keluarga dalam momen hari raya nanti. "Ini buat bagi-bagi ke keponakan, buat saudara-saudara," imbuhnya.

Tak berbeda, karyawan lain bernama Risna pun menunjukkan antusiasnya untuk penukaran uang. Dia juga turut hadir, bahkan sebelum layanan penukaran uang dibuka.

"BI kan langsung dateng ke kantor, jadi ini cukup membantu untuk pekerja, karena kan cukup sibuk di kantor. Jadi sekarang bisa tukar uang receh buat dibagikan ke keluarga. Jadi bisa Lebaran deh akhirnya," selorohnya.

 

Ferry Afandi, pegawai lain yang melakukan penukaran uang, juga mengaku antusias. Dia menyatakan, uang yang ditukarkan nantinya akan dibagi kepada saudara-saudara, khususnya untuk anak-anaknya sebagai apresiasi yang sedang belajar untuk berpuasa. "Biasa untuk dibagikan ke keluarga, saudara-saudara. Khususnya sih buat anak-anak yah, kan lagi dilatih untuk belajar puasa jadi perlu dikasih sesuai untuk apresiasi," ungkapnya.

Untuk diketahui, layanan penukaran uang dari Bank Sentral ini nantinya berlangsung hingga tiga hari menjelang Lebaran pada Juni mendatang. Penukaran pun tersebar ke 1.000 titik di Indonesia, termasuk di perkantoran dan tempat umum. Di Jakarta sendiri terdapat 160 titik. Setelah itu titik penukaran pun akan begeser di wilayah mudik.

Untuk kesiapan Lebaran 2018, BI menyiapkan uang kartal Rp188,2 triliun. Adapun dari total dana tersebut, sebesar 22,8% penarikan terjadi di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi).

Deputi Gubenur BI Rosmaya Hadi menyatakan, penyebaran layanan penukaran uang secara resmi ini untuk menghindari masyarakat menukar uang di pinggir jalan atau tempat tidak resmi. "Artinya BI dan pemerintah setempat ingin masyarakat menukar di tempat resmi," ujar dia dalam konferensi pers di Lapangan IRTI Monas, Jakarta, Rabu 23 Mei 2018.

 

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini