Presiden Jokowi Resmikan PLTP Sarulla Akhir Bulan Ini

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Rabu 11 Juli 2018 19:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 11 320 1921064 presiden-jokowi-resmikan-pltp-sarulla-akhir-bulan-ini-WQtMYZ71cV.jpg Foto: Reuters

MEDAN – Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Sarulla di Kabupaten Tapanuli Utara dijadwalkan akan mulai beroperasi di akhir Juli 2018 ini. Operasional resmi PTLP berkapasitas 330 megawatt (mw) itu akan secara resmi dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Hal itu dikatakan General Manager PT PLN Wilayah Sumatera Utara, Feby Joko Priharto di Medan, Rabu (11/7/2018).

“Dalam waktu dekat (peresmian). Kita jadwalkan tanggal 30 ini. Sudah kita ajukan melalui Sekretariat Presiden. Ini sedang kita tunggu keputusan Pak Presiden,” sebut Feby.

 

Feby menjelaskan, dengan dioperasionalkannya PLTP Sarulla maka pasokan daya listrik di Sumatera Utara akan semakin baik. Ini penting untuk menarik para investor datang dan menanamkan modalnya di Sumut.

“Untu sekarang sebenarnya sudah beropeasi penuh. Baik Sarulla 1, Sarulla 2 maupun Sarulla 3. Totalnya 330 megawatt,” jelasnya.

 PLTP Gunung Salak

Selain pasokan dari Sarulla, lanjut Feby, PT PLN kini juga menerima pasokan tambahan dari Kapal pembangkit listrik atau Marine Vessel Power Plant (MVPP) yang disewa oleh PT PLN dari Pemerintah Turki. Kapal tersebut sudah membantu ketersediaan listrik di Sumut sejak setahun terakhir.

“Dari kapal itu kita baru gunakan 240 mw dari total mw kemampuannya. Jadi sebenarnya untuk ke depan pasokan kita cukup terssedia, sehingga kami mendorong konsumsi energi di Sumatera Utara, khususnya untuk kegiatan industri, bisnis maupun konsumsi perumahan,” tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini