nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Memikirkan dan Merancang Ulang Rumah Tipe 36

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 01 Agustus 2018 13:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 01 470 1930291 memikirkan-dan-merancang-ulang-rumah-tipe-36-aulhDNRitx.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Berbeda dengan edisi sebelumnya yang memberikan tanya jawab tentang desain rumah, kali ini saya mengetengahkan sebuah desain yang sudah jadi, yang merupakan wujud eksplorasi lebih lanjut untuk rumah bertipe mungil.

Diketahui, rumah tipe 36 sering diasosiasikan sebagai rumah dua kamar yang sering belum lengkap dengan dapur. Dalam desain kali ini, saya mencoba merombak anggapan bahwa tipe 36 atau rumah dengan luas 36 m2 itu bentuknya seperti itu-itu saja.

Hal baru yang bisa ditawarkan dalam desain rumah tipe 36 adalah adanya taman samping, yaitu mengubah letak yang biasanya taman berada di belakang bisa diubah menjadi dua taman samping.

 

Hal ini mengubah konsep arsitektur rumah tipe 36 yang biasa menjadi baru dan menawarkan gaya hidup yang berbeda. Konsep ini juga diperkuat dengan area servis berupa area laundry dan dapur yang berada di depan, sebagai area yang bisa digunakan untuk pintu samping rumah.

Area laundry dibatasi dinding sehingga aktivitas mencuci atau laundry tidak terlihat dari luar atau waktu tamu masuk ke area teras. Dari segi tampilan, desain rumah juga menawarkan hal yang berbeda dari tipe 36 biasanya.

 

Meskipun di sini struktur yang digunakan lebih banyak dari tipe 36 biasanya, kita mendapatkan hal baru berupa penataan ruang dan desain fasad yang merupakan pembaruan.

Semoga desain ini bisa menginspirasi Anda yang merupakan pengembang rumah atau sedang mengembangkan rumah dengan luas bangunan 36 m2. Salam dari Astudio. (Probo Hindarto)

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini