nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Para Menteri, Kepala Daerah hingga Bos BUMN Kumpul Bareng Bahas Penurunan Kemiskinan

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 08 Agustus 2018 11:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 08 320 1933410 para-menteri-kepala-daerah-hingga-bos-bumn-kumpul-bareng-bahas-penurunan-kemiskinan-3JANKhkZ0L.jpg Foto: Rakor Penyaluran Bansos (Giri/Okezone)

JAKARTA - Pemerintah menggelar acara Rapat Koordinasi Nasional tentang percepatan penyaluran Bantuan Sosial (Bansos), PKH, BPNT dan rastra Agustus tuntas. Acara rapat koordinasi sendiri dibuka dengan alunan angklung yang dimainkan oleh sejumlah pejabat Kementerian yang hadir.

Turut hadir dalam rapat koordinasi tersebut Menteri Sosial Idrus Marham. Selain itu hadir juga perwakilan dari Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, Kengerian Badan Usaha dan Milik Negara (BUMN), perwakilan Himbara dan perwakilan dari Perum Bulog

Hadir pula sejumlah Kepala Daerah Bupati, Wali Kota dari seluruh Indonesia. Mereka didampingi oleh Kepala Dinas Sosial dari masing-masing daerahnya di seluruh Indonesia.

"Dengan mengucapkan bismillah rapat kordinasi PKH resmi saya buka," ujar Deputi bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan Kemenko PMK Sigit Priohutomo di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (8/8/2018).

 Pemprov DKI Targetkan Angka Kemiskinan Ibu Kota Turun Satu Persen

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Hartono Laras mengatakan, tujuan dari rapat koordinasi ini adalah untuk percepatan panyaluran PKH, bantuan pangan agar dilaksanakan secara cepat dan tepat sasaran, shingga diharapkan angka kemiskinan bisa kembali menurun pada tahun ini.

"Adapun tujuan rakor ini adalah untuk percepatan penyaluran PKH bantuan pangan bantuan secara tepat waktu tepat sasaran. Dengan rakor percepatan penyaluran Bansos PKG BPNT dan rastra Agustus tuntas," jelasnya.

Hartono menambahkan, pada tahun 2018 angka kemiskinan mengalami penurunan yang sangat luar biasa. Sebab, angka kemiskinan Indonesia pada tahun 2018 bisa berada di angka satu digit.

 Pemprov DKI Targetkan Angka Kemiskinan Ibu Kota Turun Satu Persen

Menurut Hartono, turunnya angka kemiskinan itu tidak terlepas dari program-program sosial yang dilakukan oleh pemerintah. Salah satunya adalah lewat bantuan sosial ini.

"Patut bersyukur angka kemiskinan mengalami penurunan. Data tahun 2018 dibandingkan 2017 menjadi juta 9,82%," ucapnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini