6 Fakta soal Kedatangan Jack Ma, Investasi hingga Dirikan Institute

Vanni Firdaus Yuliandi, Jurnalis · Senin 03 September 2018 12:49 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 03 320 1945194 6-fakta-soal-kedatangan-jack-ma-investasi-hingga-dirikan-institute-pfLtGZpMoX.jpeg Jack Ma Bertemu Menteri Kabinet Kerja (Foto: Taufik Fajar/Okezone)

JAKARTA – Jack Ma merupakan seorang pebisnis berkebangsaan Tionghoa. Dia merupakan pendiri sekaligus Chairman Eksekutif dari Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Pria berusia 54 tahun ini hadir ke Indonesia dalam rangka akan menghadiri penutupan Asian Games 2018. Kehadirannya pun diyakini berkaitan dengan penyelenggaraan Asian Games 2022 yang bakal dihelat di Hangzhou, China. Pasalnya, Hangzhou sendiri merupakan kota kelahiran pria berusia 54 tahun tersebut. Karena itu, dukungan besar diberikannya terhadap penyelenggaraan Asian Games.

Inilah fakta-fakta Jack Ma pria terkaya di Asia ketika berkunjung ke Indonesia yang di rangkum Okezone.

1. Investasi Lagi di Indonesia

Bos Alibaba Grup Jack Ma bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dari kedatangan Jack Ma, Presiden mengharapkan ada peningkatan komitmen investasi perusahaan perdangan daring (e-commerce) dari Alibaba Grup di Indonesia.

jack ma

"Terima kasih atas komitmen berkelanjutan untuk sektor e-commerce dan ekonomi di Indonesia. Saya akan menunggu kabar dari Anda hari ini tentang komitmen Alibaba di Indonesia," kata Presiden saat menerima bos Alibaba Grup Jack Ma di Istana Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/9/2018)

2. Pertemuan Produktif Dengan Para Menteri

Setelah beberapa waktu lalu bertemu dengan Presiden Joko Widodo, kini Bos Alibaba Grup Jack Ma bertemu dengan sejumlah Menteri Kabinet Kerja di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Minggu (2/9/2018). Adapun sejumlah Menteri yang datang antara lain Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto hingga Menteri Komunikasi dan Informatikan Rudiantara.

jack ma

Selain itu terlihat juga Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf. Hadir juga Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, serta Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan Perkasa Roeslani.

Usai pertemuan berlangsung, Jack ma mengatakan jika tujuannya bertemu dengan para Menteri Kabinet kerja adalah untuk membicarakan hal-hal produktif. Salah satunya adalah menindaklanjuti pembicaraan e-commerce yang dilakukan bersama Presiden Joko Widodo kemarin.

"Kami baru saja melakukan pertemuan yang sangat produktif. Karena sejak kemarin, saya ketemu Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan melakukan diskusi banyak hal. hari ini adalah sangat penting untuk follow up rapat dengan Presiden Jokowi kemarin," ujar Jack Ma saat ditemui di Hotel Ritz Carlton Pasific Place, Jakarta, Minggu (2/9/2018).

Dia menjelaskan, bahwa pertemuan itu, berdiskusi tentang pembangunan talenta untuk e-commerce dan orang-orang teknisi internet di Indonesia. Dan bagaimana semua pihak bisa mendorong UMKM.

3. Berkomitmen Untuk Memperbaiki Sistem Perdagangan e-commerce di Indonesia

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan pertemuan tersebut membahas banyak hal. Utamanya adalah untuk perbaikan industri e-commerce di Indonesia.

Darmin meyakini dengan adanya pertemuan ini, bisa meningkatkan bisnis e-commerce Indonesia ke depannya. Apalagi kedepannya model bisnis aakan bergeser keara small bisnis yang memungkinkan pelaku UMKM bisa masuk dan mengembangkan bisnisnnya dengan internet maupun e-commerce.

"Oleh karena itu, kita disarankan mempersiapkan betul menencourage atau mendorong usaha kecil mulai masuk ke internet dan sebagainya. Sehingga, menurut Jack Ma itu yang cocok di daerah Timur, kita tidak punya perusahaan besar di daerah tersebut,"ujarnya saat ditemui di Hotel Ritz Carlton Pasific Place, Jakarta, Minggu (2/9/2018).

jack ma

Bos Alibaba Group Jack Ma berkomitmen untuk memperbaiki sistem perdagangan e-commerce di Indonesia.Salah satu yang akan menjadi fokus dalam perbaikannya adalah dengan membangun sumber daya manusiannya itu sendiri.

Salah satu orang terkaya didunia ini juga menyebut jika pihaknya akan mencoba membangun teknologi inklusif. Sehingga orang-orang didesa dan anak-anak bisa merasakan bagaimana canggihnya dan mudahnya e-commerce.

"Anak-anak muda entrepreneur, mereka dapat menangkap kesempatan terhadap internet dan e-commerce. saya juga berdiskusi bagaimana memperbaiki perdagangan terkait e-commerce antara Cina dengan Indonesia. Serta, Indonesia dan negara-negara lain," ujarnya saat ditemui di Hotel Ritz Carlton Pasfic Place, Jakarta, Minggu (2/9/2018).

4. Berencana Mendirikan 'Institute Jack Ma' di Indonesia

Jack Ma berencana mendirikan 'Institute Jack Ma' di Indonesia. Jack Ma Institute ini didirikan untuk membangun enterpreneurship bagi masyarakat Indonesia.

"Kami sedang mempertimbangkan itu. Di mana pendirian itu adalah talenta untuk membangun entrepreneurship. Kami punya sesuatu yang lebih konkret mengenai hal itu nanti lain waktu datang lagi," kata Jack Ma di Jakarta, Minggu (2/9/2018).

Menkominfo mengungkapkan, pertemuan dengan Jack Ma karena kapasitasnya sebagai Advisor dari steering committee tentang peta jalan e-commerce di Indonesia dan menyampaikan bahwa SDM dapat dilihat juga bagaimana melakukan edukasi kepada masyarakat.

"Tadi kami usulkan juga untuk membuat semacam Jack Ma Institut di Indonesia untuk pengembangan sumber daya manusia," ujar Rudiantara.

 5. Kalungkan Medali kepada Timnas Sepakbola Putri China

CEO Alibaba Group, Jack Ma, yang dijadwalkan menghadiri upacara penutupan Asian Games 2018 telah tiba di Indonesia. Setibanya di Indonesia, Ma pun menyempatkan diri untuk menyaksikan laga final sepakbola putri Asian Games 2018 yang digelar di Stadion Gelora Jakabaring, Palembang, Jumat (31/8/2018) malam WIB.

jack ma

Tak hanya menyaksikan jalannya pertandingan, Ma diketahui juga turut mengalungkan medali perak kepada Tim Nasional (Timnas) Sepakbola China yang bertandingan melawan Jepang di partai pamungkas itu. Medali perak ini harus diraih kontingen Negeri Tirai Bambu –julukan China– dari cabang olahraga (cabor) sepakbola lantaran takluk 0-1 dari Jepang.

Ma tak sendirian saat mengalungkan medali kepada Timnas Sepakbola Putri China. Pemilik sekaligus pendiri e-commerce terbesar di China ini didampingi oleh Asisten Menteri Olahraga China dan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Alex Noerdin, serta Vice President OCA.

6. Hadir Dalam Closing Ceremony Asian Games 2018

Upacara penutupan Asian Games 2018 telah usai digelar pada Minggu (2/9/2018) malam WIB. Jack Ma hadir dan memberikan Sejumlah tokoh penting pun hadir dalam upacara penutupan pesta olahraga paling besar se-Asia itu, salah satunya ialah Bos Alibaba Group, Jack Ma.

“Saya Jack Ma. Huang zhou adalah kota kelahiran saya. Kota yang indah dan mengesankan. Saya menantikan Anda semua di Huangzhou untuk Asian Games 2022,” ucap Jack Ma pada saat tampil di panggung penutupan Asian Games 2018 di SU-GBK, Jakarta.

jack ma

Saat ditemui di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Minggu (2/9/2018) Jack Ma menjelaskan, pemerintah Indonesia dan masyarakat sangat berkontribusi besar untuk menyelenggarakan Asian Games 2018. Oleh karena itu dirinya ingin mengucapkan selamat dan ingin merasakan kemegahan secara langsung bagaiaman kemerihann Closing Ceremony Asian Games 2018.

"Congratulation atas suksesnya Asian Games 2018," jelasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini