nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menko Luhut 'Kaget' Didatangi Ojol Bawa Makanan Pesanan Cucu Kecilnya

Rani Hardjanti, Jurnalis · Jum'at 14 September 2018 12:51 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 14 320 1950379 menko-luhut-kaget-didatangi-ojol-bawa-makanan-pesanan-cucu-kecilnya-Pvk3AbEvpV.jpg Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: Facebook Menko Luhut)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia Luhut Binsar Panjaitan dibuat kaget oleh 'ulah' cucu laki-laki kecilnya. Tiba-tiba ada driver ojek online (ojol) yang datang ke rumahnya mengantarkan makanan.

Ternyata, makanan itu dipesan oleh sang cucu. Dia pun sempat dibuat heran, apa yang dipencet oleh si cucu di telepon genggamnya. Ulah lucu cucu itu pun diunggah di akun resmi Facebook miliknya.

 Berikut ini uraian cerita 'Opung Luhut', seperti dinukil Okezone, Jumat (14/9/2018).

"Semua sekarang serba online. Cucu laki-laki saya yang masih kecil saja beli makan menggunakan apps. Entah apa yang dipencet di telepon genggamnya, tidak selang lama driver ojol datang ke rumah mengantarkan bungkusan makanan yang dia mau.

Perihal pesan makan itu saya kurang paham, tapi saya akui keberadaan sistem online sangatlah efisien. Dalam konteks yang lebih luas, teknologi bisa menjadi solusi atas banyaknya inefisiensi di negara kita.

Contohnya TPS online yang saya resmikan di Pelabuhan Panjang Bandar Lampung, minggu lalu.

TPS online adalah solusi digital untuk melakukan Pertukaran Data Elektronik (PDE) kontainer antara sistem IPC di Terminal Peti Kemas dengan sistem Bea Cukai di pelabuhan.

Selain meningkatkan pelayanan, PDE juga dapat mengurangi tingkat kecurangan seperti penyuapan, penggelapan uang dan kebocoran-kebocoran lain di pelabuhan.


Sebabnya tatap muka antara importir/eksportir dengan pihak pengelola atau aparat, diminimalisir.

Dengan efisensi saya kira Lampung dapat lebih bersaing lagi. Sekarang nilai ekspor di sana sudah sebesar Rp 23 triliun per 31 Agustus 2018. Setelah dibuat lebih efisien, saya yakin akan makin banyak orang mau datang sehingga dapat lebih mendorong pertumbuhan ekonomi.

Menghadapi ekonomi global yang tidak menentu sekarang, saya pikir efisiensi menjadi sangat penting.

Jadi, sudahkah Anda melakukan efisiensi?"

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini