nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sertifikasi Belum Rampung, PTDI Terima Pesanan 20 Pesawat N219

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Kamis 04 Oktober 2018 19:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 04 320 1959831 sertifikasi-belum-rampung-ptdi-terima-pesanan-20-pesawat-n219-qj0kZT4REj.jpg Pesawat N219 (Foto: Okezone)

BANDUNG - PT Dirgantara Indonesia (PT DI) mendapat pesanan 20 unit pesawat N219 Nurtanio yang saat ini masih dalam proses penyelesaian sertifikasi. Pesawat tersebut nantinya akan melayani penerbangan perintis PT Aviastar Mandiri.

Baca Juga: Pesawat N219 Beroperasi Jadi Penghubung Daerah Terpencil

Kepastian pembelian 20 pesawat tersebut ditandai dengan dilakukannya penandatangan MoU antara PTDI dengan PT Aviastar Mandiri di Surabaya, kemarin. “Setelah ini akan ditindaklanjuti langkah berikutnya. Termasuk untuk pembiayaannya. Sementara kami, saat ini menyelesaikan dulu proses sertifikasinya,” kata Dirut PTDI Alvin Guntoro dalam keterangan resmi di Bandung, Kamis (4/10/2018).

Diakui dia, proses delivery kemungkinan baru maksimal pada 2020. Tahun depan, pihaknya diperkirakan baru bisa menyelesaikan antara dua hingga empat unit. Sementara pesanan Aviastar 20 unit.

Nurtanio, Nama yang Dipilih Presiden Jokowi untuk Pesawat N219 Karya Anak Bangsa 

Diketahui, PT Aviastar Mandiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa penerbangan ke daerah terpencil. Mengoperasikan pesawatnya di wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara dan Papua dengan home base di Jakarta.

Menurut Alvin, pesawat N219 Nurtanio merupakan pesawat penumpang berkapasitas 19 penumpang dengan dua mesin turboprop yang mengacu kepada regulasi CASR Part 23. Ide dan desain dari pesawat dikembangkan oleh PTDI dengan pengembangan program dilakukan oleh PTDI dan LAPAN.

Baca Juga: PTDI Ditantang Ekspor Pesawat ke Eropa hingga Amerika

Pesawat N219 Nurtanio dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara nasional di wilayah perintis. Pesawat N219 Nurtanio dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, seperti angkutan penumpang, angkutan barang maupun ambulan udara.

Nurtanio, Nama yang Dipilih Presiden Jokowi untuk Pesawat N219 Karya Anak Bangsa 

"Pesawat N219 Nurtanio diharapkan dapat menjadi solusi distribusi logistik yang terintegrasi, efektif dan efisien akan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pesawat N219 Nurtanio juga dikembangkan untuk mendukung program jembatan udara," jelasnya.

(Arif Budianto/Sindonews)

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini