nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Produk Gagal Total yang Diproduksi McDonald's hingga Coca-cola

Koran SINDO, Jurnalis · Senin 08 Oktober 2018 16:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 08 320 1961128 5-produk-gagal-total-yang-diproduksi-mcdonald-s-hingga-coca-cola-2FoDEXQuHk.jpg Gerai McDonald's (Foto: Reuters)

JAKARTA - Perusahaan besar identik dengan produk mumpuni. Produk dari perusahaan itu biasanya hampir selalu menarik perhatian publik. Namun siapa sangka di balik kesuksesan tersebut tak jarang perusahaan merilis produk yang menuai respons negatif bahkan mengalami kegagalan.

Berikut ini daftar produk gagal yang dibesut perusahaan besar.

1. New Coke

Jangan kira perusahaan sebesar Coca Cola tidak pernah mengalami kegagalan dalam membuat produk. Pada 1983, pangsa pasar untuk Coca-Cola ada jauh di bawah 24%. Angka itu tentu saja jelek buat perusahaan sekelas Coca Cola. Buat meningkatkan penjualan akhirnya dibuatlah New Coke. Ini adalah minuman soda yang dibuat pakai formula baru. Sialnya, minuman itu malah dibenci banyak orang.

Baca Juga: Sejarah 10 Perusahaan Kelas Kakap, dari Samsung hingga Toyota

2. RJ Reynolds smokeless cigarettes

Pada 1988 semua orang mulai memahami bahaya merokok bagi kesehatan mereka. RJ Reynolds, menanggapi momen ini dengan merilis sebuah merek rokok tanpa asap. Rokok ini digembar-gemborkan sebagai rokok versi sehat. Sayangnya rokok ini malah dianggap terasa seperti kotoran.

3. Apple Newton

Jauh sebelum memperkenalkan iPhone, Apple pernah lebih dulu memperkenalkan perangkat bernama Apple MessagePad. Perangkat ini menggunakan personal assistants OS bernama Newton. Perangkat ini disematkan beberapa aplikasi seperti Notes, Names, dan Dates. Namun, penjualan MessagePad dinilai gagal dan hanya bertahan 5 tahun. Akan tetapi, perangkat ini disebut-sebut jadi cikal bakal gagasan Apple menciptakan iPhone dan iPad.

4. McDonald’s Arch Deluxe

The Arch Deluxe adalah salah satu produk dari restoran cepat saji, McDonalds. Pada 1996, McDonald akhirnya memperkenal produk ini. Setelah menghabiskan USD300 juta untuk penelitian demi menciptakan produk ini, McD harus menerima nasib buruk karena ternyata produk ini dibenci banyak orang.

Baca Juga: Daftar 10 Perusahaan Terbesar di Dunia, Nomor 1 dari China

5. Microsoft Zune

Meskipun dikenal sebagai perusahaan software, Microsoft nyatanya pernah bersaing dengan Apple dalam hal produk pemutar musik digital. Untuk menyaingi iPod, Microsoft merilis Zune pada 2006. Namun sambutan pasar ternyata tak positif. Salah satunya karena bug yang kerap ditemui pengguna pada perangkat itu. Keputusan Apple untuk merilis iPhone kian menutup potensi Zune. Akhirnya, pada 2012 Microsoft resmi memberhentikan seluruh layanan Zune.

6. HP Touchpad

Dianggap sebagai saingan Ipad, namun sayangnya banyak yang mengatakan kalau spesifikasi produk ini kurang mumpuni. Padahal desain juga sudah sebaik mungkin dan mengusung teknologi terkini. Namun, pasar tidak merespons baik. Selain spesifikasi biasa saja, harganya juga mahal.

(Feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini