Share

Central Park Tower, Gedung Pencakar Langit Terbaru di New York

Vanni Firdaus Yuliandi, Jurnalis · Selasa 16 Oktober 2018 13:09 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 16 470 1964661 central-park-tower-gedung-pencakar-langit-terbaru-di-new-york-sl3ovsonDZ.jpg Foto: Central Park Tower di New York

NEW YORK - Pengembang real estat kenamaan Amerika Serikat (AS), Extell Development Company, mewujudkan impian bagi mereka yang ingin tinggal di hunian tertinggi di dunia dengan atmosfer glamor.

Menara kaca dan baja setinggi 1.550 kaki di Billionaire's Row, Kota New York, Central Park Tower, akan menjadi salah satu alamat paling bergengsi di dunia.

Central Park Tower, menyajikan pemandangan yang tak ada habisnya, keindahan arsitektur, tata letak yang menawan serta mutu layanan yang istimewa, Central Park Tower akan menjadi gedung pencakar langit New York yang terbaru.

"Perencanaan dan kerja sama dengan sejumlah arsitek, insinyur dan desainer yang paling berbakat di dunia selama lebih dari satu dekade menghasilkan struktur yang terbaru dan ikonis di Manhattan," ujar Pendiri dan President Extell Development Company Gary Barnett dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Selasa (16/10/2018).

Baca Juga: China Gabungkan 8 Gedung Pencakar Langit, Begini Penampakannya

Central Park Tower memperkenalkan desain, kualitas dan layanan yang belum pernah ada sebelumnya. Gedung ini akan tampil dalam sejarah New York City sebagai hunian tunggal yang merumuskan kembali tempat tinggal mewah."

Menara ini terletak di West 57th Street, koridor paling bergengsi di New York City, langsung berhadapan dengan Central Park di sebelah utara dan pusat dinamis Columbus Circle di sebelah barat.

Extell memprakarsai area yang kini dikenal sebagai Billionaire's Row beserta One57, menara mahatinggi pertama di 57th Street. Berlokasi di atas hotel bintang lima unggulan Park Hyatt, menara kaca yang memecahkan rekor ini berhadapan dengan Central Park serta menjadi hunian termahal yang pernah dijual di New York City senilai USD100,5 juta.

Central Park Tower dirancang Adrian Smith + Gordon Gill Architecture (AS+GG), perusahaan yang berdedikasi pada desain berkinerja tinggi, efisiensi energi, aristektur yang luar biasa dengan taraf internasional. AS+GG telah berkolaborasi dengan sejumlah klien dari seluruh penjuru dunia dan merancang sembilan dari gedung tertinggi di dunia serta berkinerja terbaik.

Baca Juga: Dulu Bangunan Kuno, Kini London Dibanjiri 510 Pencakar Langit Baru

Saat ini, AS+GG bertanggung jawab atas desain gedung tertinggi dunia yang berikutnya, Jeddah Tower, tengah dibangun di Arab Saudi, serta Wuhan Greenland Center dan Greenland Tower Chengdu, keduanya juga tengah dibangun di Tiongkok.

Dengan luasnya pengalaman perusahaan, AS+GG berada di posisi unik untuk menghadirkan gedung ikonis, bersejarah seperti Central Park Tower. Fasad gedung tampil beda dari sejumlah bangunan di sekitarnya, dengan memadukan elemen kaca, baja antikarat dengan tampilan satin serta detail vertikal dan horizontal yang menangkap cahaya sehingga memberikan aksen perpaduan tekstur dan cahaya.

Menjulang setinggi 300 kaki dari jalanan, tembok penopang menara berada di sebelah timur, menghadirkan pemandangan Central Park bagi di seluruh unit hunian yang menghadap ke utara.

Aspek hunian terbaru di Central Park Tower adalah pemandangan dan denah yang indah. Ruang hunian dan hiburan yang megah secara strategis terletak di sudut hunian guna memaksimalkan berbagai panorama dan pemandangan seluruh kota.

Baca Juga: Syarat Utama Sebuah Gedung, Arsitek: Harus Nyaman!

Beberapa elemen struktural secara tersembunyi berada di antara unit hunian, menghasilkan jendela berjenis floor-to-ceiling, pemandangan yang bebas gangguan serta tata letak yang menawan.

"Salah satu tanggung jawab terbesar dari arsitektur adalah terus menambah pengalaman dan menciptakan struktur yang elegan dan disegani," kata Gordon Gill of Adrian Smith + Gordon Gill Architecture.

Central Park Tower dirancang untuk memanfaatkan semangat kota New York yang hebat, serta mewujudkan sebuah alamat yang layak menempati Billionaires Row dan Central Park.

Interior hunian megah ini dirancang Rottet Studio, berpengalaman mendesain The Surrey Hotel di Manhattan, The St. Regis di Aspen, The Beverly Hills Hotel Presidential Bungalows serta The River Oaks di Houston.

Interior rancangan Rottet dikenal akan tingkat detail dan memiliki berbagai tampilan unik dan berdasarkan pesanan demi menghadirkan lingkungan interior yang istimewa.

Mulai dari lantai ke-32, 179 hunian tampil sangat mewah dengan dua-hingga-delapan kamar tidur, memiliki luas dari 1.435 kaki persegi hingga lebih dari 17.500 kaki persegi.

Fasilitas yang berada di dalam menara hunian tertinggi yang pernah dibangun ini adalah klub privat paling eksklusif di dunia, Central Park Club. Klub ini akan menawarkan fasilitas mewah yang diseleksi seluas 50.000 kaki persegi di tiga lantai, menyediakan pengalaman istimewa dengan layanan bintang lima.

Lantai satu klub tersebut, berada di lantai ke-14, akan menampilkan ruangan bagi penghuni dengan meja biliar, ruang menonton dan serbaguna. Fasilitas utama dari lantai ini ialah teras luar ruangan seluas 15.000 kaki persegi, dengan kolam renang seluas 60 kaki yang spektakuler, cabanas, bar, dinding menonton, layanan makanan dan minuman serta tempat bermain anak di luar ruangan.

Pusat kesehatan dan kebugaran di lantai ke-16 akan mencakup kolam renang seluas 63 kaki, gimnasium termutakhir, lapangan basket, lapangan regulation squash, sauna, ruang uap dan perawatan tubuh.

Klub tersebut akan menjulang di lantai ke-100, setinggi 1.000 kaki. Rencana untuk fasilitas menakjubkan ini segera diumumkan.

Di dasar gedung akan terdapat gerai andalan Nordstrom NYC seluas 320.000 kaki persegi dan terdiri atas tujuh lantai. Gerai ini akan mencerminkan keunggulan dan kemegahan merek tersebut. Setelah 30 tahun mencari lokasi terbaik, peritel busana dari Seattle ini memilih Central Park Tower sebagai lokasi investasi terbesarnya untuk satu gerai tunggal sepanjang 100 tahun sejarah perusahaan.

Extell mengembangkan Central Park Tower bersama SMI USA (SMI), anak usaha Shanghai Municipal Investment di Amerika Serikat. Shanghai Municipal Investment adalah perusahaan infrastruktur terkemuka yang menggarap Shanghai Tower yang ternama, gedung tertinggi kedua di dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini