nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gandeng Ikatan Notaris, BTN Tingkatkan Kualitas Kredit

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 24 Oktober 2018 09:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 24 470 1968162 gandeng-ikatan-notaris-btn-tingkatkan-kualitas-kredit-QfdrRjCLK6.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menggandeng Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia (PPINI) untuk meningkatkan kualitas kredit.

Kemitraan strategis dengan PP-INI tersebut digelar untuk mengamankan dokumen kredit berupa akta tanah sesuai ketentuan yang berlaku.

”Dengan langkah ini, BTN optimistis bisa memberikan pelayanan dengan kualitas kredit yang lebih baik kepada masyarakat pengguna fasilitas KPR BTN,” ujar Direktur Utama BTN Maryono di Jakarta.

Baca Juga: BI Sebut Kredit Perbankan September Tumbuh 12,7%, Sektor Ini yang Terbesar

Dia mengatakan, berbagai inovasi terus dilakukan perseroan untuk mendukung kesuksesan Program Satu Juta Rumah, di antaranya perseroan berupaya mengakselerasi kualitas penyaluran kredit dan pembiayaan terutama di sektor properti.

Sejalan dengan core business BTN di bidang pembiayaan perumahan tersebut, maka dipastikan sekitar 85% aset perseroan bergantung dari keamanan sertifikat yang prosesnya tidak lepas dari keberadaan PP-INI.

”Jadi, kami melihat kerja sama ini sangat penting bagi BTN untuk menjamin rasa aman kepada masyarakat yang menikmati fasilitas KPR BTN dengan tersedianya dokumen akta tanah yang dijamin keabsahannya,” katanya.

Baca Juga: BTN Lelang 12.326 Rumah Sitaan, Totalnya Rp1,8 Triliun

Maryono menjelaskan saat ini debitur BTN berjumlah sekitar 7 juta orang. Para debitur tersebut ikut memberikan kontribusi dalam pengumpulan aset perseroan sebesar Rp268 triliun per semester I/2018.

Aset berupa pembiayaan kredit ini bergantung dari sertifikat tanah sebagai agunan. Tentu, kata Maryono, proses pengadaan sertifikat tersebut melibatkan notaris sebagai pejabat pembuat akta tanah. Dengan begitu, PP-INI menjadi mitra strategis yang diharapkan bisa membantu perseroan memproses sertifikat tepat waktu untuk diserahkan kepada debitur BTN.

”Kerja sama ini menjadi awal untuk kami bersama dengan PP-INI mencari solusi pengamanan dokumen sertifikat sekaligus menyatukan pemahaman dalam proses bisnis perbankan terkait dengan akta tanah. Paling tidak, sejauh ini BTN sudah bekerja sama dengan sekitar 1.875 notaris di seluruh Indonesia,” kata Maryono.

Baca Juga: Gara-Gara Rupiah Rp14.900/USD, BTN Beri Sinyal Naikkan Suku Bunga KPR

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum PP-INI Yualita Widyadhari mengatakan, terdapat beberapa manfaat yang diperoleh dari kerja sama ini di antaranya, yakni BTN akan memiliki rekanan notaris dan pejabat pembuat akta tanah (PPAT) yang berkompeten sehingga mendukung kualitas kredit dan pembiayaan yang disalurkan perseroan. BTN juga akan mendapatkan pengajar yang kompeten dan berpengalaman dalam meningkatkan kualitas pegawai perseroan.

BTN pun akan memperoleh perkembangan terkini terkait ketentuan terbaru mengenai keagrariaan dan pertanahan. Melalui kerja sama ini, anggota PP-INI pun bersedia memberikan bantuan hukum sebagai saksi ahli untuk kasus terkait keagrariaan dan pertanahan yang dihadapi BTN.

”Para ang-gota PP-INI juga akan menjadi narasumber kompeten yang dapat memberikan opini hukum terkait kredit dan pembiayaan di bidang properti yang disalurkan BTN,” katanya. (Rakhmat Baihaqi)

(dni)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini