nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sri Mulyani Pelajari Rumah DP 0% untuk PNS hingga Polri

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 09 November 2018 13:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 09 470 1975482 sri-mulyani-pelajari-rumah-dp-0-untuk-pns-hingga-polri-TukqmR9iP1.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah mempersiapkan skema agar Aparatur Sipil Negara (ASN), prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan anggota Polri bisa memiliki rumah dengan syarat yang sangat ringan. Yaitu skema penyediaan rumah ASN, TNI, Polri dengan skema DP atau uang muka 0%.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, pihaknya saat ini masih mempelajari terkait penyediaan rumah ASN, TNI, Polri dengan skema DP atau uang muka 0%.

"Kebetulan pada rapat tersebut, yang hadir pak Wamen Mardiasmo, nanti kita pelajari apa yang dijadikan arahan dari Bapak Presiden Joko Widodo, terhadap seluruh aspeknya," ujarnya di Kantor Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Jumat (9/11/2018).

Baca Juga: Rumah DP 0% untuk PNS hingga Polri, Cicilan Pinjaman sampai Pensiun

Sebelumnya, Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro menyatakan DP 0% bagi ASN, TNI-Polri itu, cicilan masa pinjaman bisa maksimum sampai usia 75 tahun, dengan catatan waktu pertama kali mengajukan pinjaman usia maksimumnya 53 atau 55 tahun.

 Baca Juga: Rumah untuk PNS hingga Polri, Presiden: Agar Mereka Fokus Bekerja

Menurut Bambang, skema pembiayaan tersebut sudah dilakukan pilot project di beberapa kementerian/lembaga, melibatkan bank BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dengan kementerian/lembaga tersebut tetapi sifatnya memang masih pembelian secara pribadi.

"Jadi ASN, TNI, Polri yang bersangkutan mencari rumah atau apartemen yang diinginkan dan kemudian membeli dengan skema pembiayaan tadi," pungkasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini