nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta-Fakta Tol Merak-Surabaya Tersambung Sebulan Lagi

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Sabtu 10 November 2018 17:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 10 320 1975941 fakta-fakta-tol-merak-surabaya-tersambung-sebulan-lagi-Xyl85Ix60o.jpg Foto: Jokowi Resmikan Tol Pejagan-Pemalang (Setkab)

TEGAL - Tak lama lagi tol yang menghubungkan Merak (Banten) hingga Surabaya (Jawa Timur) akan benar-benar tersambung.

Ditargetkan tol ini tersambung pada akhir Desember 2018. Berikut fakta-faktanya seperti dirangkum Okezone, Jakarta, Sabtu (10/11/2018).

1. Proyek jalan bebas hambatan sepanjang 870 km tersebut kini tinggal menyisakan lima ruas saja yang totalnya 230 km.

2. Lima ruas tersebut adalah Sragen-Ngawi (51 km), Pemalang-Batang (33 km), Batang- Semarang (75 km), Salatiga-Solo (32 km), dan Wilangan-Kertosono (29 km).

 Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Seksi 3-4 Tol Pejagan-Pemalang

3. Pemerintah menargetkan lima ruas ini paling lambat akan dioperasikan pada pekan kedua Desember 2018 atau sebelum masa libur Natal dan Tahun Baru tiba.

4. Ruas tol yang terakhir resmi dioperasikan adalah Pejagan-Pemalang seksi 3 (Brebes Timur-Sewaka) dan 4 (Sewaka-Pemalang). Total panjang tol ini mencapai 42,7 km.

5. Peresmian dilakukan oleh Presiden Joko Widodo di Tegal kemarin. Jokowi mengatakan, beroperasinya tiap ruas tol menandai semakin terkoneksinya daerah demi daerah di wilayah Indonesia.

Baca Juga: Tol Pejagan-Pemalang Diresmikan, Menteri Rini: Bisa Pacu Roda Ekonomi Setempat

6. Tak hanya jalur tol, konektivitas juga terlihat pada transportasi laut maupun udara. Ini seiring dengan pembangunan pelabuhan maupun bandara baru di berbagai penjuru Tanah Air.

“Sehingga kita harapkan keadilan sosial dan pemerataan akan semakin nyata di seluruh pulau yang kita miliki.Distribusi barang dan jasa juga semakin lancar,” ujarnya.

7. Presiden mengatakan pembangunan jalan tol tidak hanya menghubungkan satu wilayah dengan wilayah lain. Lebih dari itu, proyek tol juga merupakan respons terhadap adanya titiktitik perekonomian baru yang terus bermunculan.

8. Dengan diresmikannya ruas Brebes Timur-Pemalang, total panjang tol yang sudah beroperasi adalah 640 km.

Baca Juga: Presiden: Merak-Surabaya Akan Tersambung Tol pada Desember

9. Pihaknya mengapresiasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serta Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) yang mampu menuntaskan tol bagian dari trans-Jawa ini.

10. Setelah menuntaskan Merak-Surabaya, pemerintah juga akan menggarap ruas Surabaya-Banyuwangi sepanjang 280 km. Saat ini 43 km di ruas tersebut sudah beroperasi.

11. Diharapkan hingga akhir 2018 akan bertambah lagi sepanjang 52 km dan sisanya 185 km ditargetkan rampung bertahap pada 2019. Dengan target ini, tol trans-Jawa sepanjang 1.150 km diharapkan bisa segera terwujud tahun depan.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini