nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ternyata, Pembangkit Listrik di Italia Ini 100% Gunakan CPO Indonesia

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 14 November 2018 11:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 14 320 1977596 ternyata-pembangkit-listrik-di-italia-ini-100-gunakan-cpo-indonesia-pWHoaSTIZJ.jpg Pembangkit Tenaga Listrik di Italia ini menggunakan bahan baku 100% CPO dari Indonesia. (Foto: Facebook Menteri Jonan)

JAKARTA - Saat ini dunia tengah mengubah pola industri, dari penggunaan bahan baku energi fosil menjadi terbarukan. Salah satu negara yang terbukti menerapkannya adalah Italia.

Di Italia, terdapat sebuah pembangkit listrik yang menggunakan bahan baku dari kelapa minyak sawit atau crude palm oil (CPO). Mungkin pembangkit ini sekilas terlihat biasa saja. Tapi ternyata 100 persen dari energi yang digunakan adalah bahan baku dari Indonesia.

Pembangkit listrik bertenaga CPO ini bernama Fri-El Acerra di Napoli, Italia. Pembangkit ini beroperasi sejak 2008. Pembangkit tersebut memiliki kapasitas 74,8 megawatt (mw).

Baca Juga : Produksi Melimpah, Harga CPO Terpuruk

"Sebagai produsen CPO terbesar, ke depan Indonesia akan memanfaatkan CPO secara lebih maksimal, salah satunya dengan membangun pembangkit listrik bertenaga CPO," ujar Menteri Jonan dalam postingan sosial media miliknya.

Memang, keberadaan pembangkit tersebut terungkap dari sebuah postingan Facebook Menteri ESDM Ignasius Jonan, saat kunjungan kerja ke Italia. Di sana Menteri Jonan mendalami dan melihat lebih dekat pembangkit listrik tersebut.

Baca Juga : Kampanye Hitam Rugikan Industri Sawit Indonesia

Berikut ini postingan lengkap Menteri Jonan :

Melihat dari dekat pengoperasian pembangkit listrik bertenaga kelapa sawit (CPO) Fri-El Acerra di Napoli, Italia, Kamis, 8/11. Beroperasi sejak 2008, pembangkit berkapasitas 74,8 MW ini seluruha pasokan CPOnya berasal dari Indonesia. Sebagai produsen CPO terbesar, ke depan Indonesia akan memanfaatkan CPO secara lebih maksimal, salah satunya dengan membangun pembangkit listrik bertenaga CPO.


(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini