Share

Daftar Kota Paling Futuristik: Wi-Fi Gratis hingga Kecanggihan Teknologi

Koran SINDO, Jurnalis · Senin 19 November 2018 12:16 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 19 470 1979726 daftar-kota-paling-futuristik-wi-fi-gratis-hingga-kecanggihan-teknologi-WP10DEhcbt.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Pernah terbayang tinggal di kota di mana ada mobil terbang, arus lalu lintas gratis, keamanan memadai, wi-fi gratis, dan sejumlah pengalaman luar biasa lain. Kondisi ideal itu diprediksi hanya ada di sebuah kota futuristik. Sebuah kota di mana ada rencana mengembangkan dan meningkatkan standar kehidupan untuk masa depan. Berikut 10 kota futuristik di dunia.

1. Helsinki, Finlandia (Wi-fi gratis dan transparansi data di seluruh kota)

Salah satu pujian terkait kebijakan pemerintah Kota Helsinki adalah membuat sistem yang memungkinkan data statistik tentang kota tersedia di internet tanpa kerumitan. Ini berarti semua informasi yang dibutuhkan tentang pemerintah dan hal-hal lain dapat diakses dalam sekejap mata. Hal ini makin dimudahkan dengan tersedianya fasilitas wi-fi gratis di kota.

2. Masdar, UAE (Kota yang dibangun mengandalkan energi matahari dan sumber daya terbarukan)

Kota yang saat ini masih dalam masa konstruksi ini bergantung sepenuhnya pada energi matahari dan sumber energi terbarukan lainnya, sesuai dengan kebijakan zero waste ecology. MasdarCity menjadi kota pusat International Renewable Energy Agency (IRENA) dan terhubung dengan cleantech Companies.

Baca Juga: 20 Kota Paling Banyak Dikunjungi pada 2018, Bali Nomor Berapa Ya?

3. Rio de Janeiro, Brasil (Sistem yang memberi sinyal ketika bencana akan segera terjadi)

Teknologi yang diadopsi Kota Rio de Janeiro ini baiknya juga dilakukan di banyak negara. Kota ini telah membuka pusat operasi di mana teknologi dapat membantu warga waspada dan bersiap ketika bencana alam terjadi. Tidak hanya itu, sistem juga akan meramalkan cuaca, banjir, dan bencana alam lainnya bahkan dua hari ke depan. Ini menjadikan kota ini menjadi salah satu kota futuristik di dunia.

4. Bangalore, India (Silicon Valley-nya India dengan pemandangan teknologi tinggi)

Bangalore praktis tidak pernah terdengar sekitar 25 tahun lalu, tetapi kondisi itu berbeda saat ini. Bangalore telah menjelma menjadi kota teknologi yang dijuluki Silicon Valley-nya India. Kota ini telah muncul sebagai kota dengan pertumbuhan tercepat di dunia dan basis kekayaan yang tumbuh paling cepat di Asia Pasifik.

Baca Juga: Daftar 20 Kota Paling Sustainable di Dunia, Jakarta Peringkat Berapa?

5. Songdo, Korea Selatan (Setiap rumah memiliki sistem telepresence)

Songdo dibangun di lahan reklamasi seluas 1.500 hektar di sepanjang pantai Incheon. Kota ini dianggap sebagai model untuk kota pintar di seluruh dunia ketika itu dimulai pada tahun 2005. Setiap rumah di Songdo memiliki sistem telepresence yang menawarkan video conferencing, yang dimaksudkan untuk memberikan pendidikan, perawatan kesehatan dan jasa pemerintah. Sistem ini juga memungkinkan penghuni memantau kondisi rumah mereka dari jarak jauh.

6. Amsterdam, Belanda (Wi-fi gratis & pengaturan bangunan dan konservasi energi)

Pemerintah Amsterdam telah lama mendorong penggunaan teknologi untuk membantu hidup lebih mudah bagi warganya. Salah satunya dengan menyediakan wifi gratis di sudut-sudut kota. Fasilitas ini diprediksi menjadi persiapan menuju kota masa depan. Pemanfaatan wifi gratis itu juga diikuti dengan kebijakan peraturan ketat pada penataan bangunan dan konservasi energi secara tepat.

7. Toronto, Kanada (Keragaman, fitur arsitektur, dan adegan seni yang booming)

Para pengamat memprediksi Toronto menjadi kota futuristik di masa depan. Toronto diyakini akan menjadi salah satu kota paling nyaman untuk hidup. Kota ini dikenal memiliki kehidupan multikulturalisme baik dimana banyak orang-orang dengan latar belakang dan budaya berbeda hidup berdampingan dan saling berbaur. Budaya pluralisme itu juga diikuti dengan kemajuan fitur arsitektur kota dan juga kegiatan kesenian di perkotaan yang tengah booming.

8. Dublin, Irlandia (Kemudahan lalu lintas tanpa penciptaan infrastruktur tambahan)

Dublin adalah satu-satunya kota yang memiliki IBM Smarter Cities Technology Centre (Pusat Teknologi Kota Cerdas), yang berarti kota ini mendapat manfaat dari semua penelitian IBM sebagai pusatnya. Perusahaan ini sedang meneliti di atas air, energi, transportasi, kain kota, dan lingkungan laut. IBM bekerjasama dengan Dewan Kota Dublin guna membantu pemerintah mempelajari dan menganalisis lalu lintas kota untuk mengurangi kemacetan. Upaya ini membantu bus dan angkutan umum kota menjadi lebih efisien. Warga dapat login ke internet, mencari tahu tentang kondisi lalu lintas dan mendapatkan rute terbaik ke tujuan mereka.

9. London, Inggris (Dinding Ipads untuk menampilkan data tentang kualitas udara & sistem transportasi)

Kota London telah menggunakan banyak teknologi cerdas untuk transportasi umum seperti kartu Oyster - mekanisme satu pembayaran yang digunakan dalam kereta api dan bus bawah tanah. Wali Kota London telah menginstal the wall of iPads (terdiri dari 12 perangkat) di kantornya. The wall of iPads menampilkan data real-time kualitas udara, keuangan, dan keadaan sistem transportasi London. Terdapat juga fitur 'Mappiness', sebuah layanan yang menunjukkan betapa bahagianya kota ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini