Hanya Makan Ikan 2 Kali Sebulan, Pria Ini Jadi Orang Terkaya Dunia

Andrea Heschaida Nugroho, Jurnalis · Minggu 25 November 2018 18:18 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 25 320 1982594 hanya-makan-ikan-2-kali-sebulan-pria-ini-jadi-orang-terkaya-dunia-5e2l2DaANy.jpg Foto: Lee Shau Kee (Forbes)

JAKARTA – Lee Shau Kee merupakan orang kedua terkaya di Hong Kong dengan kekayaan USD27,7 miliar atau setara Rp404,4 triliun (kurs Rp14.600 per USD.

Shau Kee kemudian turut mendirikan perusahaan pengembang properti Sun Hung Kai dengan Kwak Tak-Seng, ayah dari miliarder Kwok bersaudara. Sun Hung Kai menjadi salah satu perusahaan properti terbesar di negara tersebut

Baca Juga: Donald Bren, Miliarder yang Berkutat di Sektor Real Estat selama 50 Tahun

Lee Shau Kee juga merupakan CEO dari Henderson Land Development Company, dan Hong Kong dan China Gas Company Limited.

Jika dirunut ke belakang, Shau Kee tumbuh di keluarga miskin yang hanya mampu makan ikan atau daging dua kali dalam sebulan.

Kini Lee Shau Kee berusia 90 tahun dan berlabel orang terkaya nomor 2 di Hong Kong dan peringkat 24 daftar orang terkaya di dunia.

Lee Shau Kee memimpin Henderson Land Development, sebuah perusahaan investor di Pusat Keuangan Internasional Hong Kong yang ikonik. Perusahaan ini memiliki banyak proyek utamanya meliputi Henderson Metropolitan di sepanjang Nanjing West Road dekat the Bund di Shanghai.

 Baca Juga: Daftar Miliarder Properti dengan Kekayaan Terbesar di Dunia

Melansir dari Market Screener Sabtu (24/11/2018), di tahun 1948, Lee tiba di Hong Kong dan bekerja sebagai pengimpor dan pengekspor sebelum 10 tahun kemudian mulai membangun perusahaan properti real estat.

Lee menemui Hong Kong Enternal Enterprise Company, sebuah agen real estat bersama para investor lain dan menyetujui kesepakatan pertamanya.

 Baca Juga: Jim Whiteshurst, CEO Red Hat yang Hasilkan Rp45,6 Triliun dalam Satu Dekade

Di tahun 1963, Lee Shau Kee mendirikan Sun Hung Kai dan satu dekade kemudia ia membangun Henderson Land Development yang juga berpusat dalam properti real estat. Di tahun 1981, perusahaannya memulai debutnya dalam Hong Kong Stock Exchange. Di tahun 1989 mulai membangun Citistore, dan di tahun 1995, Lee Shau Kee mendirikan perusahaan jasa keamanan Megastrength.

Lee Shau Kee melakukan pengembangan ekonomi di Hong Kong. Grupnya sekarang memiliki perusahaan Miramar Hotel & Investment Hotel, operator gas Hong Kong & China Gas Company Limited, dan operasi feri Hong Kong Ferry Company. (rhs)

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini