nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Seleksi CPNS 2018 Tidak Hanya CAT, Ini Alasan Kementerian Adakan Tes Lain

Rikhza Hasan, Jurnalis · Senin 26 November 2018 16:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 26 320 1982995 seleksi-cpns-2018-tidak-hanya-cat-ini-alasan-kementerian-adakan-tes-lain-7vw4BGD9pW.jpg PNS (Foto: Okezone)

JAKARTA - Twitter Badan Kepegawaian Negara (BKN) diserbu pertanyaan para Netizen. Dalam Pendaftaran CPNS ada beberapa hal yang dirasa membingungkan.

Dalam tahap seleksi penerimaan CPNS, peserta akan melakukan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Baca Juga: 6.202 Formasi CPNS Kosong Pelamar

@AgungArifZ, salah seorang netizen bertanya pada akun Twitter BKN mengenai tes SKB yang tidak semua menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). “Kenapa hanya di wajibkan untuk Pemda? Seakan membunuh nyawa yang sudah ditiupkan ke dalam tes pertama SKD yang berbasis computer,” tanya Agung.

Admin Twitter BKN menjawab, kementerian lembaga juga memakai CAT BKN. Dia mengatakan, hanya saja untuk kementerian lembaga tertentu, mengajukan tes lain, seperti kesamaptaan, Tes Potensi Akademik (TPA), dan Psikologi.

pns

“Bayangkan, jika melamar SAR tidak bisa berenang, melamar Kementerian Luar Negeri tidak bisa bahasa Inggris, dan melamar sipir Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia tapi takut dengan gertakan,” jawab Admin, yang dilansir dari laman Twitter BKN, Jakarta, Senin (26/11/2018).

Baca Juga: Seleksi Kompetensi Bidang CPNS Digelar Awal Desember, Wajib Pakai CAT

Pada tes SKB dibutuhkan beberapa tes khusus yang tidak menggunakan sistem CAT. Beberapa tes yang disebutkan oleh Admin BKN, merupakan tes yang memerlukan tes uji langsung para peserta CPNS.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini