nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Sukses Brodo Jadi UMKM Go Digital

Inews, Jurnalis · Rabu 28 November 2018 19:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 28 320 1984182 kisah-sukses-brodo-jadi-umkm-go-digital-v8t27AIwDw.jpg Foto: iNews

BANDUNG - Brodo Indonesia merupakan salah satu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang sukses naik kelas karena memanfaatkan teknologi. Pasalnya, teknologi bisa memangkas hambatan yang dihadapi UMKM.

Founder sekaligus COO Brodo Putera Dwi Karunia mengatakan, pelaku UMKM harus berani memanfaatkan berbagai platform digital untuk memajukan usahanya. Pemanfaatan platform digital tidak terbatas hanya untuk penjualan saja, tetapi juga untuk pemasaran, informasi produk, layanan konsumen, sampai dengan mencari pengetahuan dan peluang usaha.

“Jika UMKM go digital, ada banyak kerumitan yang bisa dipangkas, termasuk soal distribusi, manajemen stok, sampai sumber daya karyawan. Pada akhirnya UMKM bisa lebih fokus untuk memikirkan bagaimana cara berinovasi demi menumbuhkan usahanya lebih cepat,” kata Putera dalam acara diskusi iPreneur bertemakan UMKM Go Digital di Kantor Cabang Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Juanda-Dago, Bandung, Jawa Barat, Selasa (27/11/2018).

Baca Juga: Ternyata Ini Rahasia Sukses Bisnis Warung Tenda

Menurut Putera, ada beberapa kiat bagi pelaku UMKM agar bisa bertahan dan sukses di era digital. Pertama, soal produk. Pelaku UMKM harus melakukan riset pasar sebelum memutuskan untuk membuat produk. "Jangan sampai sudah dilempar ke market tapi belum diriset, dites. Jadi pastikan dulu kalian pede dengan produk kalian," kata dia.

Kedua, kreativitas. Putera menilai, saat ini makin banyak perusahaan, termasuk berskala besar yang masuk ke dunia internet. Untuk itu, kreativitaslah yang membedakan antara bisnis satu dengan lainnya. Terakhir, komitmen. Pelaku UMKM diharapkan memiliki komitmen penuh saat memutuskan untuk terjun saat memasarkan produknya secara digital.

Putera menyebut, perusahaannya bisa dibilang memulai usaha dari nol dan lebih banyak menjual secara online. Ke depan, kata dia, Brodo tidak hanya menjadi perusahaan ritel fashion yang menjual sepatu, namun juga merambah ke bisnis lain, mulai dari virtual management hingga jasa marketing.

Baca Juga: 6 Peluang Usaha yang Tak Pernah Sepi Pelanggan, Coba Yuk!

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudistira Adhinegara menilai, peran teknologi semakin penting dalam dunia. Di dunia, perusahaan-perusahaan raksasa saat ini didominasi yang bergerak di bidang teknologi.

“UMKM harus memanfaatkan perubahan lanskap perekonomian ini. Apalagi saat ini bermunculan start-up yang membantu usaha kecil dan ini merupakan peluang bagi UMKM untuk memperluas akses pasar,” ujarnya.

Bhima melanjutkan bahwa saat ini struktur perekonomian Indonesia masih didominasi oleh sektor UMKM yang mencapai 62,92 juta unit usaha. Kendati demikian, banyak tantangan yang dihadapi UMKM untuk naik kelas. Untuk itu kehadiran teknologi digital dan internet diharapkan dapat mendorong UMKM agar tumbuh lebih cepat dan naik kelas.

(fbn)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini