nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Survei: Kenaikan Gaji pada 2019 Diprediksi Capai 8%

Rany Fauziah, Jurnalis · Kamis 06 Desember 2018 19:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 06 320 1987785 survei-kenaikan-gaji-pada-2019-diprediksi-capai-8-Aj5Ve4dBOI.jpeg Gaji (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Kenaikan gaji pekerja Indonesia tahun depan diprediksi mencapai 8%. Prediksi kenaikan gaji tersebut diperoleh dari Total Remuneration Survey (TRS).

"Tahun lalu faktor inflasi merupakan posisi penentu dalam kenaikan gaji tahun depan akan lebih optimis dari tahun ini 7,6% naik ke 8%," kata Carrer Business Leader Mercer Indonesia Astrid Suryapranata di Kantor Mercer Indonesia, Sentral Senayan II, Kamis (6/12/2018).

Baca Juga: Pekerja Jago Teknologi dan Bahasa Asing Paling Dicari

Studi tahunan mercer Indonesia tentang kompensasi dan gaji karyawan meliputi 545 perusahaan di Indonesia yang terdiri dari 8 industri. Astrid Suryapranata mengatakan, dengan laju inflasi yang kompetitif dan pertumbuhan PDB yang positif di Indonesia, gaji karyawan di 8 sektor industri menunjukkan kenaikan yang cukup baik.

rupiah

"Indonesia merupakan negara dengan kenaikan gaji yang cukup tinggi, dibandingkan dengan negara Singapura kenaikan gaji mereka sekitar 3%," lanjut Astrid.

Mengenai kenaikan gaji, bisa saja di tahun berikutnya lebih tinggi dari 8%. Besaran kenaikan akan bergantung pada kondisi ekonomi makro Indonesia.

Baca Juga: Pekerja di Era Digital: Melek Teknologi dan Jago Bahasa Asing

"Kenaikan gaji di Indonesia tergantung dari perkembangan ekonomi makro dan laju inflasi, ujar Astrid," terangnya.

Menurutnya, prediksi kenaikan gaji secara keseluruhan mencerminkan kepercayaan perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia menghadapi tahun 2019, di mana 80% perusahaan tergantung pada kinerja perusahaan sebagai faktor penentu kenaikan gaji.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini