Wapres JK Cerita Pindad Produksi 20 Panser dalam 1 Bulan

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 10 Desember 2018 20:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 10 320 1989401 wapres-jk-cerita-pindad-produksi-20-panser-dalam-1-bulan-1BWdwhKEmM.JPG Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), menceritakan tentang kemampuan industri PT Pindad (Persero) yang bisa menciptakan kendaraan tempur yakni Panser sebanyak 20 selama satu bulan. Di mana sebelumnya, hanya bisa membuat dua panser setiap bulan.

"Pada beberapa tahun yang lalu saya memerintahkan kepada industri strategis negara untuk meningkatkan produksi Panser. Dan saya mengkoordinir dan datang ke Pindad, dia hanya sanggup membuat dua panser sebulan, sedangkan saya butuh 20 sebulan," ujarnya di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Senin (10/12/2018).

 Baca Juga:: BUMN Persenjataan RI Buka Lowongan Kerja, Buruan Daftar

Dia menjelaskan, kenapa hanya dua per bulan. Sebab mereka hanya seperti bengkel dengan dipasang satu per satu. Maka itu, pihaknya kemudian menghubungi beberapa perusahaan industri seperti Toyota, Astra dan perusahaan lainnya untuk meminta mereka membantu agar ini menjadi industri dan bukan hanya bengkel. Padahal ini indusri strategis negara.

"Setelah diubah sistemnya, hanya mengubah sistem langsung bisa memproduksi 20 unit per bulan dan itu kita capai hanya dalam waktu singkat," tuturnya.

 Baca Juga: Pindad Uji Coba 100 Unit Medium Tank

Dia menyadari bahwa suatu revolusi industri tidak berarti mengurangi pekerjaan. Tapi memang akan meningkatkan pekerjaan itu atau mengubahnya.

"Pada tahun 70-an saat telepon kita belum maju maka yang ramai itu bisnisnya adalah wartel, begitu ada selular semua wartel mati dan berganti penjualan pulsa. Jadi sebetulnya juga tidak mengurangi pekerjaan dari kemajuan adanya telepon ke telepon seluler justru menambah pekerjaan dan hubungan," ungkapnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini