nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Daftar 25 Keluarga Terkaya di Dunia, Ada Crazy Rich Asian dari India Mukesh Ambani

Rikhza Hasan, Jurnalis · Kamis 13 Desember 2018 06:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 12 320 1990238 daftar-25-keluarga-terkaya-di-dunia-ada-crazy-rich-asian-dari-india-mukesh-ambani-OIhSkja1mg.png Keluarga Terkaya Dunia The Walton (Foto: Reuters)

JAKARTA - Bloomberg merilis peringkat 25 keluarga terkaya di dunia. Peringkat tersebut berdasarkan angka kekayaan bersih mulai 15 Juni 2018.

Dari keluarga Ferrero yang kekayaannya USD22,9 miliar berasal dari Nutella hingga keluarga Walton punya kekayaan USD151,5 miliar berasal dari Walmart. Sementara itu, keluarga Mukesh Ambani menempati peringkat tujuh. Mukesh sendiri baru saja menikahkan anaknya dan menggelar pesta mewah bak di film Crazy Rich Asian.

Berikut daftar 25 keluarga terkaya di dunia, melansir dari laman Business Insider, Jakarta, Kamis (13/12/2018).

25. Keluarga Ferrero

Keluarga Ferrero membangun kekayaannya penganan coklat. Pada 1940-an, Ferrero Group menciptakan Nutella. Pada tahun 2018, perusahaan ini mengakuisisi bisnis permen Nestle. Kekayaan keluarga ini sebesar USD22,9 miliar.

24. Keluarga Lauder

Pada 1947 sebuah perusahaan lahir dengan merek Estée Lauder. Saat ini, perusahaan tersebut menghasilkan USD12 miliar dalam pendapatan dari penjualan kosmetik dan wewangian.

23. Keluarga Hearst

Sekitar 67 anggota keluarga berbagi keberuntungan yang dibuat William Randolph Hearst ketika ia mengambil alih San Francisco Examiner di akhir 1800-an.

Baca Juga: Dikawal Pengawal, Pengusaha Vietnam Ini Selalu Pakai Perhiasan Seberat 13 Kg

Segera setelah itu, Hearst menjalani perusahaan surat kabar dan terjun ke radio dan TV. Hearst Corporation memiliki beberapa surat kabar, hampir 300 majalah, stasiun TV, radio, dan saham di saluran TV kabel. Kekayaan keluarga ini mencapai USD24,5 miliar.

22. Keluarga Hoffman-Oeri

Perusahaan farmasi Roche Holding diluncurkan pada 1896. Pada tahun 2017, perusahaan ini menghasilkan pendapatan sebesar USD54,1 miliar. Keturunan dari pendiri Fritz Hoffmann-La Roche memiliki 9% saham di perusahaan tersebut.

21. Keluarga Duncan

Dan L. Duncan mendirikan perusahaan gas dan minyak Enterprise Products Partners pada tahun 1968 hanya dengan biaya USD10.000. Setelah dia meninggal pada tahun 2010, perusahaan tetap di bawah kendali keluarga dan empat anaknya mewarisi real sebesar USD10 miliar. Saat ini Keluarga Duncan memiliki kekayaan sebesar USD26 miliar.

20. Keluarga Dassault

Keluarga Dassault mendapatkan uangnya dari Dassault Group, yang mencakup berbagai industri pabrik pesawat militer, surat kabar, real estat, dan bisnis perangkat lunak. Keluarga ini memiliki kekayaan sebesar USD27,8 miliar.

Baca Juga: Bak Crazy Rich Asian, Ini Kisah Miliarder Terkaya India Mukesh Ambani

19. Keluarga SC Johnson

Keluarga Johnson berada di belakang SC Johnson, yang menghasilkan produk pembersih seperti Ikrar, Glade, dan Windex. Perusahaan ini didirikan pada 1882 dan akhirnya diambil alih oleh putranya yang bernama Herbert Fisk Johnson. Generasi kelima Herbert Fisk Johnson III bertindak sebagai CEO dan ketua perusahaan saat ini. Kekayaan keluarga ini sebesar USD28,2 miliar.

 

18. Keluarga Thomson

The Thomsons adalah keluarga terkaya Kanada. Kekayaan mereka berasal dari data keuangan dan penyedia layanan Thomson Reuters. Belum lagi saham mereka ada di Bell Canada dan surat kabar Globe and Mail di Toronto. Kekayaan keluarga ini senilai USD30,9 miliar.

17. Keluarga Rausing

Kekayaan keluarga Rausing terletak pada industri pengemasan. Ruben Rausing menciptakan Tetra Pak pada 1950-an. Saat ini, keturunannya mengendalikan Tetra Laval, salah satu perusahaan pengemasan terbesar di dunia, yang terdiri dari Tetra Pak, Sidel, dan DeLaval. Dengan memiliki kekayaan sebesar USD30,9 USD.

16. Keluarga Lee

The Lee’s adalah keluarga di belakang Samsung, yang kini menjadi produsen smartphone terbesar di dunia dan terdiri dari 62 perusahaan. Raksasa elektronik telah membantu Lees menjadi salah satu keluarga terkaya di Asia dengan kekayaan USD30,9 miliar.

15. Keluarga Pritzker

Pritzker dan ketiga putranya, Jay, Donald, dan Robert menciptakan kekayaan keluarga dengan mendirikan jaringan Hotel Hyatt dan berinvestasi dalam kepemilikan, seperti Marmon Group. Keluarga ini memiliki kekayaan sebar USD33,5 miliar.

14. Keluarga Cox

Cox Enterprises telah menyentuh sejumlah industri, termasuk kabel dan broadband (Cox Communications), surat kabar dan stasiun radio (Cox Media Group), dan otomotif dengan kekayaan sebesar USD33,6 miliar.

13. Keluarga Kwok

Sejak terdaftar pada tahun 1970-an, Kwok Tak-seng dan Sun Hung Kai Properties telah berevolusi menjadi salah satu pengembang properti terbesar di Hong Kong. Thomas dan Raymond Kwok mengendalikan perusahaan serta mendapat kekayaan sebesar USD34 miliar.

12. Keluarga Mulliez

Keluarga Mulliez berada di belakang "Walmart of France" . Auchan adalah salah satu jaringan supermarket terbesar di Eropa. Association Familiale Mulliez, perusahaan induk keluarga, juga mengendalikan Leroy Merlin, jaringan perbaikan rumah, dan Decathlon yang merupakan pengecer peralatan olahraga. Keluarga ini meraup kekayaan sebesar USD37,5 miliar.

11. Keluarga Albrecht

Theo dan Karl Albrecht adalah saudara-saudara yang menciptakan supermarket Aldi. Hari ini, ada lebih dari 10.000 toko antara dua cabang, Aldi Nord dan Aldi Sud. Theo juga berinvestasi di Trader Joe's serta mengubahnya menjadi lebih dari 350 toko. Kekayaan keluarga ini mencapai USD38,8 miliar.

 

10. Keluarga Boehringer dan von Baumbach

Keluarga Boehringer dan von Baumbach mengendalikan perusahaan farmasi Jerman Boehringer Ingelheim, yang telah ada selama lebih dari 130 tahun dan memiliki kekayaan sebesar USD42,2 miliar

9. Keluarga Cargill-Macmillan

William W. Cargill mendirikan agribisnis raksasa Cargill Inc. pada tahun 1865. Saat ini, 23 anggota keluarga Cargill-MacMillan memiliki 88% dari perusahaan, yang menghasilkan USD108 miliar dalam pendapatan tahunan. Keluarganya dilaporkan menyimpan 80% dari pendapatan bersih Cargill Inc. di dalam perusahaan untuk reinvestasi setiap tahun. Kekayaan bersin keluarga ini mencapai USD42,3 miliar.

8. Keluarga Quandt

Keluarga Quandt dilaporkan keluarga terkaya Jerman, berkat hampir 50% saham mereka di pembuat kendaraan mewah BMW. Mereka juga memiliki saham di Logwin, perusahaan logistik Jerman, dan Gemalto yang merupaan sebuah perusahaan perangkat lunak keamanan. Keluarga ini meraup kekayaan sebesar USD42,7 miliar

7. Keluarga Ambani

Sumber kekayaan keluarga Ambani terletak di Reliance Industries, sebuah konglomerat di India yang memiliki kompleks penyulingan minyak terbesar di dunia. Perusahaan ini memiliki bisnis di seluruh India, termasuk ritel dan telekomunikasi. Kekayaan keluarga ini sebesar USD43,3 miliar.

6. Keluarga Wertheimer

Kekayaan keluarga Wertheimer berasal dari perusahaan Chanel yang menghasilkan USD9,6 miliar dalam pendapatan tahun lalu. Saat ini kekayaan keluarga Wertheimer mencapai USD45,6 miliar.

5. Keluarga Dumas

Dinasti barang mewah Hermès adalah dasar kekayaan bagi keluarga Dumas. Asal-usulnya melacak kembali ke 1800-an ketika Thierry Hermes mulai membuat peralatan untuk para bangsawan, dan lebih dari 40 tahun kemudian, bisnisnya berakar di Paris.

Maju cepat ke tahun 1970-an, dan keturunan Jean-Louis Dumas mengambil perusahaan global. Hari ini, Pierre-Alexis Dumas adalah direktur artistik dan Axel Dumas adalah ketua perusahaan. Kekayaan keluarga ini sebesar USD49,2 miliar.

4. Keluarga Van Damme, de Spoelberch, dan de Mevius

Tiga keluarga Belgia dari Van Damme, de Spoelberch, dan de Mevius, lebih dari USD54 miliar dalam kekayaan dari perusahaan bir Anheuser-Busch InBev. Pendapatan merek global gabungan perusahaan tumbuh hampir 17% pada tahun 2017.

3. Keluarga Mars

Jacqueline dan John Mars mewarisi saham di kerajaan permen Mars Inc., yang menemukan M & Ms, Milky Way, dan Mars Bars. Anak Jacquelyn, Stephen Badger, adalah ketua Mars Inc. saat ini, menghasilkan lebih dari $ 35 miliar pendapatan tahunan. Saat ini kekayaan keluarga ini sebesar USD89,7 miliar.

2. Keluarga Koch

Saudara Charles dan David Koch memperluas pabrik kilang minyak milik ayah mereka ke konglomerat Koch Industries, setelah saudara-saudara mereka yang lain seperti Frederick dan William meninggalkan bisnis itu setelah pengambilalihan yang gagal. Saat ini, Industri Koch menghasilkan pendapatan sekitar USD100 miliar setiap tahun. Keluarga ini meraup kekayaan sebesar USD98,7 miliar.

1. Keluarga Walton

Keluarga Walton memiliki kekayaan $ 151,5 miliar.

Rick Wilking / Reuters

Kekayaan bersih: $ 151,5 miliar

Sumber kekayaan: Walmart

Sam dan Bud Walton mendirikan Walmart pada tahun 1962. Menyusul kesuksesannya, mereka mendirikan Sam's Club pada tahun 1983. Saat ini, Walmart melaporkan penjualannya sebesar USD500 miliar, menjadikannya pengecer terbesar berdasarkan pendapatan di dunia.

Kekayaan keluarga Walton tersebar di antara tujuh anggota keluarga, termasuk tiga anak pendiri Sam Walton, Rob, Jim, dan Alice, yang merupakan wanita terkaya di dunia dengan kekayaan USD43,7 miliar.

Kekayaan bersih keluarga ini sebesar USD151,5 miliar.

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini