nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Digempur Online, Mal di Jakarta Bakal Sepi Jelang Natal?

Andrea Heschaida Nugroho, Jurnalis · Rabu 19 Desember 2018 16:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 19 470 1993480 digempur-online-mal-di-jakarta-bakal-sepi-jelang-natal-V0fK0jFTe1.jpg Foto: Andrea

JAKARTA – Semakin dekat waktu Natal dan Tahun Baru, mal di Jakarta diprediksi akan sepi pengunjung. Salah satu penyebabnya adalah berkurangnya animo masyarakat dalam berbelanja.

Head of Research & Consultancy Savills Indonesia Anton Sitorus menjelaskan, bahwa tahun ini mal tidak akan ramai seperti tahun-tahun lalu di mana biasanya ramainya mal disebabkan oleh pembukaan perdana mal baru dilakukan saat Lebaran maupun Tahun Baru.

“Biasanya di tahun-tahun yang dulu-dulu opening mal yang baru-baru terjadi kalau enggak Lebaran, di Tahun Baru gitu, tapi tahun ini unfortunately enggak ada,” ujarnya saat media briefing Savills Indonesia di Panin Tower, Jakarta, Rabu (19/12/2018)

 Baca Juga: Okupansi Mal di Jakarta Mulai Penuh, Buktinya Banyak Tenant Baru

Tak hanya itu, Anton menyebutkan faktor lain yang membuat mal sepi adalah kondisi ekonomi, berubahnya preferensi masyarakat, berkurangnya animo masyarakat, dan maraknya produk online.

“Jadi tahun ini sih, kita liat enggak terlalu rame, karena kondisi ekonomi, karena preferensi customer yang sekarang ini banyak berhemat, karena banyak faktor, karena banyak sedikit karena online. Kalau kita liat makin ke sini, makin berkurang animo masyarakat dalam belanja,” bebernya.

 Baca Juga: Lawan Online, Okupansi Mal di Jakarta Didominasi Sektor Makanan dan Minuman

Dengan sepinya antusiasme masyarakat untuk berbelanja di mal, Anton mengungkapkan bahwa mal konvensional dan online memang sudah seharusnya saling berkompetisi.

“Tadinya kita pikir mal konvensional sama online bakal berjalan beriringan, tapi ternyata kayaknya emang harus saling berkompetisi sih,” pungkasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini