nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Realisasi Penyaluran Uang Selama Libur Natal Tembus Rp80 Triliun

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 28 Desember 2018 15:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 28 20 1997123 realisasi-penyaluran-uang-selama-libur-natal-tembus-rp80-triliun-Np19iHWaVd.jpg Gubernur BI Perry Warjiyo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mencatat kebutuhan uang saat Natal dan Tahun Baru 2019 tercukupi. Bahkan realisasi pendistribusian uang saat liburan relatif aman.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, selama libur Natal 2018 realisasi perputaran uang mencapai Rp80 triliun. Sementara jumlah uang yang sudah dikeluarkan Bank Indonesia hingga saat ini mencapai Rp90 triliun.

"Realisasi kemarin Rp80 Triliun. Sekarang sudah Rp90 triliun kebutuhan uang terpenuhi ya," ujarnya saat ditemui di Komplek Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (28/12/2018).

Baca Juga: Libur Natal dan Tahun Baru, Menteri Jonan Pantau Penyaluran BBM di Surabaya

Bank Indonesia sendiri optimis kebutuhan uang saat tahun baru nanti mencukupi. Pasalnya untuk libur natal dan tahun baru 2019, Bank Indonesia menyiapkan uang sebesar Rp11 triliun.

"Ketersediaan uang untuk Nataru terpenuhi dengan baik. Baik itu pusat dan seluruh wilayah dari Kantor BI di seluruh Indonesia perkiraan kebutuhan Rp111 triliun," jelasnya.

Perry menambahkan, dengan uang yang disiapkan oleh Bank Indonesia diharapkan liburan Natal dan Tahun Baru 2019 bisa berjalan lancar. Masyarakat pun diharapkan bisa menikmati liburannya dengan tenang.

"Kami ucapnya selamat natal ke masyarakat yang rayakan selamat tahun baru," ucapnya.

Baca Juga: Jelang Natal, FloraCraft Bagikan Bonus Karyawannya

Sebagai informasi, Bank Indonesia (BI) memastikan kecukupan uang tunai untuk kebutuhan Natal dan Tahun Baru. Sebanyak Rp101,1 triliun uang kartal disediakan Bank Sentral untuk kebutuhan akhir tahun ini.

Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi menyatakan, alokasi penyediaan uang tunai untuk periode Natal dan Tahun Baru saat ini meningkat 10,2% dibandingkan alokasi dari periode yang sama di tahun lalu.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini