nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menhub Usul Ada Bus Trans Java di Tol Trans Jawa

Minggu 30 Desember 2018 20:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 30 320 1997852 menhub-usul-ada-bus-trans-java-di-tol-trans-jawa-Iv5u3h5fWW.jpg Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto: Okezone

JAWA BARAT - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengusulkan agar dibentuk bus "trans java" yang dapat beroperasi di sepanjang jalur Tol Trans Jawa.

"Kita sedang menggagas 'trans java' berupa bus-bus yang lux, bisa saja kerjasama dengan Jasa Marga dengan satu badan," ujar Menhub di Rest Area Kilometer 207A Tol Palikanci, Cirebon, kemarin.

Dia lebih lanjut menjelaskan bahwa satu bus ini bisa mengangkut 40 atau 50 orang, dan diharapkan mengurangi ego serta kecenderungan masyarakat untuk menggunakan kendaraan pribadi saat bepergian.

Baca Juga: Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Gunakan Tol Trans Jawa saat Liburan

"Saya mengusulkan kepada ibu Desi (pimpinan Jasa Marga), kita mulai merintis kerja sama dengan Damri," ujar Menhub, dikutip dari Antara News, Minggu (30/12/2018).

Menhub Budi sendiri mengatakan bahwa dirinya akan menjadi penumpang pertama ketika bus 'trans java' terbentuk dengan rute Jakarta-Surabaya.

Baca Juga: Daftar Lengkap Tarif Tol Trans Jawa

Usulan tersebut disampaikan Menhub saat dirinya menyampaikan pidatonya di hadapan para Milenial Kementerian Perhubungan dan Jasa Marga.

Dalam kesempata tersebut Menhub juga meninjau langsung Rest Area Kilometer 207A Tol Palikanci, sekaligus memperkenalkan dan membagikan buku "Peta Kuliner Trans Jawa" kepada pengguna jalan tol yang singgah di Rest Area itu

Selain meninjau Rest Area, Menhub juga melakukan pemeriksaan kelaikan bus di Terminal Kota Tegal, Jawa Tengah dan sempat beristirahat serta mencicipi kuliner sate Batibul di kota tersebut.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini