nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BRI Bakal Terbitkan Obligasi Rp20 Triliun hingga 2021

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Kamis 03 Januari 2019 21:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 03 278 1999658 bri-bakal-terbitkan-obligasi-rp20-triliun-hingga-2021-dGmJiz2wQp.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) berencana melakukan penerbitan obligasi senilai Rp20 triliun. Penerbitan surat utang ini dilakukan secara berkala hingga 3 tahun mendatang dengan target awal penerbitan di semester I 2019.

Direktur Keuangan BRI Haru Koesmahargyo menjelaskan, penerbitan obligasi dilakukan dengan skema penawaran umum berkelanjutan dengan masa penerbitan hingga tahun 2021.

"Jadi ini diterbitkan selama 3 tahun, bisa Rp8 triliun, Rp8 triliun, Rp4 triliun. Tergantung likuiditas," kata Haru saat ditemui di Kantor Pusat BRI, Jakarta, Kamis (3/1/2019).

 Baca Juga: Sasar Turis China, BRI Gandeng Alipay

Hary menyatakan, penerbitan obligasi ini memang dilakukan untuk mendukung aksi koorporasi perseroan selama 3 tahun kedepan. Selain itu, juga untuk memperkuat pendanaan jangka panjang.

"Iya (termasuk untuk pendanaan akuisisi perusahaan asuransi umum). Nanti diterbitkan sesuai dengan kebutuhan," katanya.

Adapun BRI saat ini tengah menyiapkan proses akuisisi perusahaan asuransi kerugian di tahun ini. Di mana sudah ada satu perusahaan yang tengah dibidik bank plat merah itu untuk merealisasikan aksi koorporasinya.

"Kalau yang untuk industri perbankan belum ada rencana ke arah sana (akuisisi), tapi yang pasti adalah (akuisisi) asuransi kerugian," tambah Direktur Utama BRI Suprajarto.

 Baca Juga: BRI Siapkan Rp1,5 Triliun Caplok Asuransi Kerugian

BRI sendiri sudah meyiapkan anggaran sebesar Rp1,5 triliun untuk proses akuisisi ini yang masuk dalam Rencana Bisnis Bank (RBB) dan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) tahun 2019.

Suprajarto menargetkan, aksi koorporasi ini bisa terealisasi pada semester I 2019. "Kan ada prosesnya, kita masih harus minta persetujuan Komisaris, Kementerian BUMN, dan OJK (Otoritas Jasa Keuangan)," katanya.

(dni)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini