nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sasar Turis China, BRI Gandeng Alipay

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Kamis 03 Januari 2019 20:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 03 320 1999653 sasar-turis-china-bri-gandeng-alipay-p7TG3f1VUc.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Aplikasi pembayaran elektronik atau dompet elektronik asal China, Alipay tengah melakukan kerjasama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI). Keduanya bahkan telah melakukan penandatangan MoU (Memorandum of Understanding/Nota Kesepahaman).

Bank Indonesia (BI) memang mensyaratkan penyedia jasa sistem pembayaran asing harus bekerja sama dengan bank umum kelompok usaha (BUKU) IV domestik untuk bisa beroperasi di Indonesia.

Direktur Konsumer BRI Handayani menyatakan, pihaknya masih merampung proses perizinan sehingga belum melakukan uji coba atau pilot project dengan anak usaha milik Alibaba tersebut.

"(Jadi) baru MoU, belum (piloting) karena masih banyak yang harus diselesaikan, termasuk soal perizinan," katanya saat ditemui di Kantor Pusat BRI, Jakarta, Kamis (3/1/2019).

 Baca Juga: BRI Siapkan Rp1,5 Triliun Caplok Asuransi Kerugian

Handayani menjelaskan, kerjasama ini menyasar kebutuhan turis China yang memang banyak berwisata ke Indonesia. Di mana dalam bertransaksi, wisatawan asal Negeri Tirai Bambu itu menggunakan Alipay sebagai alat pembayaran, padahal belum memiliki izin.

Dengan demikian, devisa yang seharusnya masuk ke dalam negeri ketika para turis tersebut melakukan transaksi jual-beli langsung malah masuk ke China. Handayani menyatakan, saat ini daerah yang menjadi fokus BRI yakni merchant yang berada di Bali, salah satu destinasi favorit turis China.

"Jadi kita harus bisa memfasilitasi bagaimana mereka bisa transaksi di merchant kita dengan alat pembayarannya itu. Dalam hal ini BRI sebagai acquiring adalah bagaimana kita bisa fasilitasi transaksi dengan Alipay dan alat pembayaran di merchant-merchant yang kerja sama dengan kita," jelasnya.

 Baca Juga: RUPSLB, BRI Angkat Kembali Sunarso Jadi Wakil Direktur Utama

Kendati demikian, bank plat merah itu belum menghitung detil potensi dari kerja sama ini. Menurutnya, kerja sama jadi kesempatan untuk BRI dalam mengembangkan bisnis serta target pasarnya.

"Lagi pula ini kesempatan untuk kita, khususnya mendukung pemerintah untuk bisa terus meningkatkan pariwisata, tentu salah satunya adalah dengan transaksi pembayaran ini bisa dilayani," jelas dia.

Adapun BI mencatat, selain dengan bank BUMN, Alipay juga sedang menjajaki kerjasama dengan bank swasta yakni PT Bank Central Asia (BCA). Disamping itu, dompet elektronik asal China lainnya, We Chat, juga sudah resmi melakukan kerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank CIMB Niaga.

(dni)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini