nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bappenas: Indonesia Berpeluang Jadi Pasar Produk Halal Terbesar Dunia

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 03 Januari 2019 12:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 03 320 1999366 bappenas-indonesia-berpeluang-jadi-pasar-produk-halal-terbesar-dunia-ounxGli99E.jpg Ilustrasi Pasar Halal (Foto: Waspada)

JAKARTA - Dalam rangka mendorong komitmen memanfaatkan potensi besar Indonesia dalam mengembangkan keuangan syariah dan menjadi pemain kunci dalam ekonomi syariah global. Pemerintah membentuk Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) melalui Peraturan Presiden Nomor 91 Tahun 2016 tentang Komite Nasional Keuangan Syariah.

Sebagai negara berpenduduk mayoritas muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan ekonomi syariah sebagai arus perekonomian baru yang berpotensi mendorong pertumbuhan ekonomi global.

Baca Juga: Ekonomi Halal Siap Dorong Perekonomian Indonesia

Potensi ekonomi syariah dapat dilihat dari semakin meningkatnya pertumbuhan populasi muslim dunia yang diperkirakan akan mencapai 27,59% dari total populasi dunia pada 2030. Hal ini juga mengindikasikan meningkatnya pula permintaan produk halal sebagai kebutuhan umat muslim dunia.

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, mengatakan bahwa saat ini perhatian terhadap ekonomi syariah telah terbukti dari berbagai pencapain negara-negara lain.

"Seperti pasar halal yang sudah ada di Tiongkok, India, Malaysia dan Brazil, yang merupakan bukti besarnya pasar industri halal di dunia," ujarnya di Gedung Bappenas Jakarta, Kamis (3/1/2019).

Dia menjelaskan, Indonesia berpeluang menjadi pasar produk halal terbesar di dunia sekaligus menjadi produsen produk halal. Indonesia berada pada posisi strategis bagi halal super highway link dalam global halal supply chain.

Baca Juga: Habiskan Rp2.465 Triliun, RI Peringkat Pertama Konsumsi Makanan Halal Dunia

"Data terkini mencatat ekspor produk halal Indonesia mengalami peningkatan sebesar 19,2% pada 2017, dari tahun sebelumnya yang besarnya USD29,7 millar. Apabila perkembangannya terus didorong, industri halal akan membuka peluang dan berpotensi menjadi pendorong pertumbuhan pasar keuangan syariah di masa yang akan datang," tuturnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini