nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tol Cipali Dibangun Tanpa Utang? Ini Fakta Sebenarnya

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 03 Januari 2019 16:37 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 03 320 1999512 tol-cipali-dibangun-tanpa-utang-ini-fakta-sebenarnya-1yTYevvMND.jpg Ilustrasi: Foto Antara

JAKARTA - Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Sandiaga Uno kembali melontarkan statement yang kontroversial tentang pembangunan infratruktur tanpa utang. Kali ini, Sandi meyebut jika ketika perusahaannya membangun jalan tol Cikopo Palimanan (Cipali) sama sekali tanpa menggunakan utang.

Statement tersebut langsung dibantah oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna. Herry TZ menyebut jika pembangunan jalan tol Cipali itu menggunakan dua pendanaan yakni equity perusahaan dan utang.

 Baca Juga: Sandiaga Bilang Bangun Tol Cipali Tanpa Utang, NasDem: Tidak Logis!

Adapun porsinya adalah 30% merupakan berasal dari equity. Sedangkan 70% sisanya berasal dari utang Badan Usaha Jalan Tol tersebut.

"Membangunnya itu uangnya ada yang berutang ada yang equity. Utangnya 70%, Equity-nya 30%," ujarnya saat dihubungi Okezone, Kamis (3/1/2019).

Herry sendiri menjelaskan yang berutang pada pembangunan jalan tol tersebut bukanlah pemerintah. Melainkan pihak Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dalam hal ini adalah PT Lintas Marga Sedaya (LMS).

"Pemerintah enggak berutang di sana. Dari hubungannya pemerintah berkontrak dengan LMS. LMS tugasnya membangun memelihara dan mengoperasikan selama masa konsesi," jelasnya.

 Baca Juga: Astratel Lunasi Pembelian Ruas Tol Cipali Senilai Rp224 Miliar

Herry menambahkan, dalam pengerjaan ini pemerintah memakai skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Kerjasama dengan skema KPBU sendiri sudah dilakukan oleh pemerintah sejak lama.

"Iya skemanya pakai KPBU semua," ucapnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini