nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kejar Target, Merpati Airlines Siapkan 10 Pesawat

Kamis 03 Januari 2019 17:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 03 320 1999539 kejar-target-merpati-airlines-siapkan-10-pesawat-5isMaY2o7L.jpg Foto: Maskapai Merpati Airlines

JAKARTA - PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) masih dalam proses menyelesaikan persyaratan-persyaratan untuk kembali beroperasi. Salah satunya, perusahaan berencana menyiapkan 10 unit pesawat untuk operasi tahap awal.

"Persyaratan Kementerian Perhubungan minimal harus 10 (pesawat), tapi rencana kita ke depan lebih dari itu. Sebelum stop operasi dulu kita punya 25 pesawat," ujar Direktur Utama MNA Asep Eka Nugraha di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (3/1/2019).

Baca Juga: Menteri Rini Restui Merpati Jadi Perusahaan Swasta

Kendati sebelumnya memiliki 25 pesawat, Asep Eka mengatakan bahwa manajemen Merpati memilih untuk menyiapkan pesawat baru daripada menghidupkan pesawat lamanya. Tentunya, kata dia, pihaknya terus berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan terkait persyaratan mengenai pesawat tersebut.

Asep menegaskan, pihaknya sudah mengantongi dana dari investor sebesar Rp250 miliar. Dana awal itu menurutnya akan digunakan untuk menghidupkan operasional MNA yang sempat berhenti.

merpati

"Sudah ada Rp250 miliar, itu jaminan dari mitra, jaminan keseriusan mereka. Tapi apa bisa kita miliki itu yang perlu ada persyaratan pendahuluan, termasuk keputusan RUPS, pajak dan DPR," jelasnya.

Terlepas dari itu, dia mengaku optimistis bahwa MNA dapat beroperasi kembali di tahun ini. Untuk itu, tegas dia, perseroan akan menyelesaikan persoalan privatisasi dan lain sebagainya dalam rangka menghidupkan kembali maskapai yang akan kembali menyasar rute-rute ke timur Indonesia tersebut. "Kita punya keinginan di 2019 sebisa mungkin harus ada pergerakan pesawat, bagaimana pun caranya," tegasnya.

(Rina Anggraeni-Sindonews)

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini