Share

Impor Indonesia Tumbuh Lebih Cepat dari Ekspor

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 08 Januari 2019 11:22 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 08 320 2001395 impor-indonesia-tumbuh-lebih-cepat-dari-ekspor-X8NHeRPC4C.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan bahwa impor di Indonesia masih terus meningkat. Walaupun ekspor juga meningkat, tapi sangat lambat.

"Maka itu, kami (pemerintah) akan menyelesaikan hal tersebut satu tahun ke depan," ujarnya di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Selasa (8/1/2019).

Baca Juga: 3 Tips Wapres JK Tingkatkan Ekspor: Lebik Baik, Cepat dan Murah

Dia menjelaskan, Pemerintah saat ini perlu basis ekonomi yang cukup agar responsnya bisa tepat. Satu hal yang harus diakui sejak krisis Asia. "Kita belum berhasil mencapai tingkatan yang diharapkan tersebut" ungkapnya

Dia menuturkan, sebetulnya untuk persoalan menengah pemerintah sudah membangun infrastruktur, peningkatan kualitas manusia, fasilitas perpajakan, prosedur perizinan yang kemudian dituangkan ke dalam apa yang disebut dalam OSS.

"Tentu kita semua akan mengambil peran dalam membentuk daya saing. Tapi itu adalah daya saing dari supply side-nya. Dalam jangka pendek biasanya daya saing itu dihubungkan dengan kinerja ekspornya," tuturnya.

 Baca Juga: Indonesia Ekspor 42 Komoditas ke 12 Negara

Sebelumnya, Pemerintah Jokowi-JK selama empat tahun terakhir ini telah membangun infrastruktur secara besar-besaran di seluruh Indonesia. Pada 2019 ini, pemerintah akan fokus pada sumber daya manusia (SDM).

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini