nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menkominfo: Selebgram Harusnya Dikenai Pajak

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 09 Januari 2019 20:51 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 09 20 2002270 menkominfo-selebgram-harusnya-dikenai-pajak-46A9Cl7S2W.JPG Ilustrasi Selebgram (Foto: Ebay)

JAKARTA - Fenomena selebritas instagram atau dikenal dengan selebgram menjadi mata pencaharian baru untuk raup penghasilan fantastis. Ladang bisnis ini mendapatkan pemasukan dari mempromosikan suatu produk atau disebut dengan istilah endorsement (endorse).

Pendapatan yang fantastis yang diraup selebgram itu menjadi perbincangan hangat, sebab belum ada peraturan pemerintah yang menyasar penarikan pajak artis dunia maya itu.

Baca Juga: Sri Mulyani Kaji Penurunan Pajak Penghasilan Badan

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyatakan, sudah seharusnya selebgram turut dikenakan pajak, hal ini untuk menciptakan fairness atau keadilan bagi wajib pajak lainnya. Dia mencontohkan, seperti artis yang tampil di televisi, di mana tetap menjadi wajib pajak dan membayar kewajibannya.

"Sebetulnya, kalau sekarang selebriti dikenakan aturan pajak itu kan di dunia nyata. Kalau perform di televisi dikenakan pajak, di dunia maya harus dikenakan dong. Harus fair (adil) dong," ujarnya ditemui di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (9/1/2019).

Baca Juga: Pengusaha Minta Tarif PPh Badan Turun, Sri Mulyani: Itu Butuh Proses Panjang

Dia menyatakan, hingga saat ini memang belum ada pembahasan mengenai pajak bagi selebgram. Dalam hal ini, Rudiantara, menyerahkan pada Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan yang memiliki kewenangan penuh untuk mengaturnya.

"Misalkan penyanyi, dapat honor saat tampil, kan ada pajaknya. Saat tampil di dunia maya kan dia dapat tuh (honor). Nah bagaimana caranya, ya teman-teman pajak lah. Tapi saya belum tahu apakah akan dikaji," pungkasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini