Lakukan Transaksi Mata Uang Ilegal, AS Jatuhkan Sanksi atas Venezuela

Agregasi VOA, Jurnalis · Rabu 09 Januari 2019 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 09 320 2002073 lakukan-transaksi-mata-uang-ilegal-as-jatuhkan-sanksi-atas-venezuela-AzE8QuNKnG.jpg Ilustrasi Hukum (Foto: Reuters)

JAKARTA - Amerika telah menjatuhkan sanksi terhadap tujuh warga negara Venezuela yang diduga mencuri miliaran dolar dana pemerintah lewat transaksi mata uang hasil korupsi.

Di antara mereka yang menjadi sasaran adalah mantan menteri keuangan Claudia Patricia Diaz Guillen dan pemilik Globovision – perusahaan penyiaran swasta terbesar di Venezuela – Raul Gorrin.

Baca Juga: Pasar Saham AS Terjun Bebas, Trump Salahkan The Fed

Jaksa penuntut umum di kota Miami telah mendakwa Gorrin tahun lalu karena diduga menyuap pejabat keuangan Venezuela untuk membeli dolar dengan nilai tukar yang telah didistorsi dan menjualnya kembali di pasar gelap dengan keuntungan besar.

Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar AS Melemah Jadi Rp14.940 per Dolar AS 

Menteri Keuangan Amerika Steve Mnuchin hari Selasa (8/1) mengatakan kesepakatan yang dilakukan lewat pertukaran mata uang adalah bagian dari skema ilegal lain yang telah digunakan pemerintah Venezuela sejak lama untuk mencuri dana rakyatnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini