nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BI Wajibkan Dealer Treasury Bersertifikat dan Jadi Anggota ACI

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 10 Januari 2019 20:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 10 20 2002792 bi-wajibkan-dealer-treasury-bersertifikat-dan-jadi-anggota-aci-yFFJ86pIRD.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mewajibkan agar semua dealer treasury atau dealer perbankan untuk bisa menjadi anggota dari Association Cambiste Internationale (ACI) Indonesia. Di mana saat ini, sudah ada 1.255 dealer yang menjadi anggota tersebut.

"Apabila tidak menjadi anggota, maka pelaku pasar uang tersebut akan dilarang untuk melakukan kegiatan treasury, hingga transaksi operasi moneter dengan BI. Dan juga harus segera bersertifikasi sebelum tenggat waktu, April 2019," ujar Direktur Eksekutif Kepala Departemen Pengelolaan Moneter Bank Indonesia, Nanang Hendarsah di Jakarta, Kamis (10/1/2019).

Selain dealer, lanjut dia, sesuai dengan Peraturan BI Nomor 19 Tahun 2017, juga turut mencantumkan sales perbankan wajib bersertifikasi, tapi dengan batas waktu akhir lebih panjang yakni 2020.

Baca Juga: Perbankan Diminta Tak 'Lebay' Respons Kenaikan Suku Bunga

"Hal tersebut sudah diatur dalam Peraturan Bank Indonesia Nomor 19/5/PBI/2017 tentang Sertifikasi Tresuri dan Penerapan Kode Etik Pasar. Di mana mewajibkan seluruh treasury dealer di seluruh Indonesia memiliki sertifikasi," tuturnya.

Dia menuturkan bahwa BI telah memberikan ruang waktu dari 2017 sejak penerbitan kebijakan, supaya para dealer dan sales perbankan segera menjadi anggota ACI dan bersertifikat.

"Jadi, saya mengimbau pegawai bank yang melakukan aktivitas treasury, segera mendaftar ke ACI dan juga bersertifikasi," ungkapnya.

Baca Juga: Perang Suku Bunga Perbankan pada 2019 Makin Sengit

Sementara itu, Ketua Umum ACI Farida Thamrin menyampaikan, ada sekitar 1.578 dealer dan sales yang berpotensi untuk disertifikasi tahun ini.

"Kita lihat berdasarkan sebuah survey, ada 1.255 dealer yang harusnya tersertifikasi. Dari jumlah itu dibagi dua, sebagai dealer dan berkewajiban bersertifikasi April 2018. Kalau sales, wajib memenuhi per 2020," pungkasnya.

Seperti diketahui, ACI adalah organisasi yang mewadahi para pegawai bank, pelaku foreign exchange (forex), dan dealer treasury.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini