Share

Selain Agus Marto, Masih Ada Eks Pejabat yang Jadi Bos Startup Digital

Kamis 10 Januari 2019 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 10 320 2002657 selain-agus-marto-masih-ada-eks-pejabat-yang-jadi-bos-startup-digital-ge5QkSUPlA.jpg Chatib Basri di Modalku (Foto: Inews)

JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) periode 2013-2018 Agus DW Martowardojo diangkat menjadi Komisaris Utama Tokopedia. Kehadiran Agus menandai makin kuatnya eksistensi startup digital dalam perekonomian Indonesia.

Meski begitu, Agus bukan orang pertama yang bergabung startup digital. Berdasarkan catatan iNews.id, ada dua mantan pejabat pemerintah yang berkecimpung ke sektor ekonomi digital.

Baca Juga: Menkominfo: RPP E-Commerce Ditargetkan Rampung Bulan Ini

Yang pertama ada Muhamad Chatib Basri, Menteri Keuangan periode 2012-2014 yang bergabung sebagai dengan Modalku, salah satu fintech peer-to-peer lending (P2P) terbesar di Indonesia. Chatib diangkat sebagai penasihat Modalku pada 29 Agustus 2018.

(Foto: Inews)

Bergabungnya Chatib di Modalku diawali saat bertemu dengan CEO & Co-Founder Modalku, Reynold Wijaya di Harvard Business School, AS. Pengetahuan dan pengalaman Chatib di bidang makro ekonomi dan regulasi menjadi alasan Reynold merekrut Chatib.

Baca Juga: Bos JD.com Tak Jadi Dituntut Atas Dugaan Pelecehan Seksual

Selain Agus dan Chatib, Mantan Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Nonbank (INKB) Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Firdaus Djaelani juga bergabung dengan startup digital. Firdaus diangkat sebagai penasihat di fintech UangTeman pada 5 Oktober 2017.

CEO & Founder UangTeman, Aidil Zulkifli mengatakan, keputusannya merekrut bekas petinggi OJK itu karena pengalaman dan sepak terjangnya di industri keuangan. (Rahmat Fiansyah-Inews)

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini