nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PGN Akuisisi Pertagas, Harga Gas Langsung Turun?

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 11 Januari 2019 17:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 11 320 2003229 pgn-akuisisi-pertagas-harga-gas-langsung-turun-tKQHWIvk4z.jpg Foto: Giri Hartomo

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) resmi menjadi mencaplok Pertagas dari PT Pertamina (Persero). Nantinya, PT PGN akan memiliki 51% saham Pertagas dari Pertamina.

Direktur Komersial PGN Danny Praditya mengatakan, dengan berhasilnya proses akuisisi Pertagas diharapkan harga gas industri bisa murah. Sebab kini pasokan semakin banyak, karena PGN memegang kendali penuh untuk mengelola Pertagas beserta empat anak usahanya.

"Harapannya ke depan gitu (harga gas turun) jadi kita kejar efisiensi dulu," ujarnya di Auditorium Graha PGAS, Jakarta, Jumat (11/1/2019).

 Baca Juga: Sah, PGN Akuisisi Pertagas Senilai Rp20,18 Triliun

Menurut Danny, untuk menurunkan harga gas tidak semata-mata menurunkan dengan sembarang. Sebab ada beberapa mekanisme yang harus dipenuhi dan dijalani terlebih dahulu.

Apalagi menurutnya, naik dan turunnya harga gas sendiri sudah tertuang dalam peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) nomor 58 tahun 2018. Peraturan tersebut mengatur tentang harga jual gas bumi melalui pipa pada kegiatan usaha hilir minyak dan gas bumi.

Di sisi lain lanjut Danny, pihaknya juga harus melakukan perhitungan terlebih dahulu. Karena, untuk menaikan harga gas harus dipastikan jika pasokan dan stok yang dimiliki tercukupi.

"Bagaimana kita support ke PLN memang kita masih melakukan final calculation dan selaraskan dengan Permen ESDM 58 tahun 2018," katanya

 Baca Juga: PGN Bakal Umumkan Cara Lunasi Akuisisi Pertagas Akhir Bulan

Danny menambahkan, jika naik turunnya harga gas harus mempertimbangkan pendapatan dari investasi. Jika nanti ada penurunan, semata-mata adalah untuk mendongkrak investasi yang masuk ke dalam negeri.

"Semuanya akan teredukasi secara margin dan return on investment kalau ada pertumbuhan signifikan akan turunkan biaya fix cost distribusi karena yang jadi komponen harga gas dari hulu," ujarnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini