nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ivanka Trump Jadi Calon Kuat untuk Jabat Presiden Bank Dunia

Agregasi VOA, Jurnalis · Sabtu 12 Januari 2019 12:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 12 20 2003504 ivanka-trump-jadi-calon-kuat-untuk-jabat-presiden-bank-dunia-vNyXnwQzzs.jpg Ivanka Trump (Foto: AP)

JAKARTA - Mantan Duta Besar Amerika untuk PBB Nikki Haley dan putri Presiden Donald Trump, Ivanka adalah calon-calon kuat Amerika untuk menggantikan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim yang mengundurkan diri sebelum habis masa jabatannya, kata harian Financial Times hari Jumat (11/1).

Kim tiba-tiba mengumumkan pengunduran dirinya hari Senin, lebih dari tiga tahun sebelum masa jabatannya yang kedua berakhir.

Baca Juga: Bos Bank Dunia Mengundurkan Diri, Sri Mulyani: Kita Harus Hormati

Selain Ivanka dan Haley, yang mengundurkan diri sebagai Dutabesar Amerika untuk PBB bulan lalu, juga ada nama wakil menteri keuangan David Malpass dan Mark Green, kepala badan pembangunan internasional Amerika atau USAID.

Dari kiri: Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim, Direktur IMF Christine Lagarde, Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan, Menkeu Sri Mulyani dan Gubernur BI Perry Warjiyo di Nusa Dua, Bali 14 Oktober tahun 2018 lalu.

Cantiknya Ivanka Trump Saat Lempar Bola Rugby di Gedung Putih 

Tahun 2017 Ivanka Trump dilaporkan telah mendorong penciptaan dana sebesar satu milyar dollar yang didukung Arab Saudi untuk membantu perkembangan wiraswasta perempuan.

Sesuai dengan peraturan yang tidak tertulis, Amerika sebagai pemegang saham terbesar selalu memilih kepala bank dunia itu sejak pembentukannya setelah Perang Dunia II.

Bank Dunia mengatakan hari Kamis akan mulai menerima pencalonan kepalanya yang baru bulan depan dan akan menentukan pengganti Kim pertengahan bulan April.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini