nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Serba-serbi Pinjaman Online yang Perlu Anda Ketahui

Senin 14 Januari 2019 07:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 12 320 2003618 serba-serbi-pinjaman-online-yang-perlu-anda-ketahui-WGQmbKvTdi.jpeg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Teknologi yang semakin canggih memang sangat memudahkan berbagai kebutuhan umat manusia. Ingin belanja bulanan saja, kini sudah ada layanan pesan-antar khusus untuk groceries. Jadi Anda tak perlu repot keluar rumah. Hebatnya lagi, sekarang banyak pinjaman online yang semakin memudahkan akses keuangan Anda.

Ya, pinjaman online yang dapat langsung cair tanpa jaminan ini merupakan solusi alternatif bagi masyarakat yang membutuhkan dana tunai lebih cepat. Seluruh persyaratan dan prosedur yang semula harus dilakukan dengan tatap muka pun tidak diperlukan lagi. Bahkan, wawancara kelayakan kredit kini dilakukan melalui telepon.

Untuk masalah keamanan dan kredibilitasnya, juga tak perlu diragukan. Karena rata-rata lembaga keuangan dan fintech yang menyediakan layanan ini sudah di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Termasuk salah satunya CekAja.com.

Baca Juga: Mengintip Kisruh Fintech P2P Lending di China

Keuntungan Pinjaman Online

Hadirnya pinjaman online tak ubahnya angin segar bagi sejumlah orang yang memang memiliki urgensi tertentu untuk memperoleh dana dalam waktu singkat. Proses pengambilan keputusannya hanya memakan waktu 24 jam. Serta proses pencairan dana yang selesai dalam 3 hari kerja saja. Tenor yang ditawarkan pun maksimal 20 bulan.

Melalui website penyedia produk-produk keuangan, di sana Anda akan dapat langsung memproses pengajuan pinjaman online ini dengan jumlah yang diinginkan. Pastinya tak banyak menyita waktu terutama bagi orang-orang yang memiliki kesibukan padat.

Di samping cepat dan praktis, sebagian besar website pinjaman online pun mematok suku bunga lebih rendah daripada lembaga lembaga keuangan pada umumnya. Penetapan rating pada tingkat bunga pinjaman, disesuaikan dengan ada atau tidaknya jaminan yang diberikan kepada sang peminjam.

grafik

 

Apabila peminjam memberikan jaminan, maka tingkat bunga bisa lebih rendah sebab adanya jaminan akan memperkecil risiko pembayaran. Bila sewaktu-waktu tidak dapat melunasi dalam jangka waktu yang ditentukan, Anda juga bisa melakukan negoisasi untuk memperpanjangnya.

Syarat pengajuan pinjaman online juga terbilang mudah. Terutama bila jenisnya tanpa agunan, Anda tidak perlu memberikan jaminan apapun. Meski seperti yang telah dikatakan tadi, adanya jaminan sebenarnya mampu meringankan tingkat suku bunga.

Namun kalau memang tidak memilikinya, ya takkan jadi masalah. Cukup siapkan dokumen pendukung yang berkaitan dengan identitas diri saja beserta slip gaji.

Jenis-jenis Pinjaman Online

Tak jauh berbeda dengan produk konvensional, pinjaman online juga memiliki bermacam-macam jenis. Biasanya, jenis pinjaman tersebut dibedakan berdasarkan jumlah pinjaman, jangka waktu angsuran, suku bunga, agunan dan tujuan pembiayaan. Berikut ini jenis-jenis pinjaman online yang dimaksud:

KTA (Kredit Tanpa Agunan)

Tanpa mensyaratkan agunan/jaminan atas kredit yang hendak diajukan, inilah solusi dari Anda yang membutuhkan kepraktisan tingkat tinggi dalam memperoleh pinjaman online. Namun, pada umumnya penyedia aplikasi atau jasa pinjaman dana online menjadikan kepemilikan kartu kredit sebagai syarat utama pengajuan KTA.

Kredit Karyawan

Pinjaman karyawan merupakan produk yang dirancang khusus bagi setiap karyawan yang aktif bekerja di sebuah instansi, perusahaan, badan usaha maupun lembaga. Ada syarta utama ketika hendak mengajukan pinjaman ini, di antaranya SK Pengangkatan PNS/Pegawai Tetap, rekomendasi pejabat/atasan yang berwenang dan slip gaji.

Kredit Kendaraan Bermotor

Mobil dan motor idaman Anda dapat dimiliki tanpa harus membayar tunai dengan pinjaman online ini. Kredit Kendaraan Bermotor adalah fasilitas pembiayaan kendaraan bermotor secara perseorangan atau badan usaha.

KPR (Kredit Pemilikan Rumah)

Selain kendaraan, rumah impian pun bisa Anda punya melalui bantuan dari pinjaman online. KPR adalah fasilitas pinjaman bagi nasabah yang ingin membeli rumah dengan cara menyicil. Sejumlah fintech yang bekerjasama dengan berbagai bank juga telah menyediakan fasilitas KPR online ini.

Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar AS Melemah Jadi Rp14.940 per Dolar AS

Pinjaman usaha

Bisa memiliki usaha sendiri dan mandiri secara finansial sudah pasti menjadi impian setiap orang. Sesuai dengan namanya, tujuan dari pinjaman usaha tak lain untuk memenuhi modal usaha seseorang. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan modal yang kurang mencukupi saat akan membangun suatu usaha.

Persiapkan Ini Saat Mengajukan Pinjaman Online

Hal pertama yang harus dilakukan ketika akan melakukan pinjaman adalah dengan menentukan nominal pinjaman terlebih dahulu. Pasalnya, langkah ini sangat krusial, harus benar-benar disesuaikan dengan kemampuan membayar cicilannya kelak. Jumlah pinjaman online yang bisa diajukan tentunya beragam. Umumnya mulai dari Rp 5 juta – Rp 300 juta.

Lalu agar pinjaman online dengan nominal yang diharapkan lekas cair, Anda tentunya juga perlu melengkapi dokumen persyaratan sebagai pendukung keabsahan. Beberapa berkas yang biasanya harus dipersiapkan, yakni antara lain BPKB kendaraan atau fotokopi KTP dan KK. Karena peminjaman yang dilakukan bersifat online, pastikan Anda telah memiliki soft file dari dokumen-dokumen tersebut untuk diunggah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini