Menpan RB: Instansi Wajib Bertanggung Jawab pada Setiap Rupiah yang Digunakan

Rany Fauziah, Jurnalis · Jum'at 18 Januari 2019 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 18 320 2006186 menpan-rb-instansi-wajib-bertanggung-jawab-pada-setiap-rupiah-yang-digunakan-cXV6bICeir.jpg Foto: Menpan-RB Syafruddin (Okezone)

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin meminta setiap instansi pemerintah menunjukkan kinerja terbaik supaya mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Pasalnya, tingkat kepercayaan yang tinggi dari masyarakat tersebut akan memunculkan legitimasi yang utuh kepada negara dan pemerintahannya.

Dia mencontohkan, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) harus diarahkan untuk meraih public trust dalam upaya penanggulangan terorisme. Artinya, masyarakat akan percaya bahwa negara tidak pernah kalah dari terorisme.

“Setiap instansi didorong mempertanggungjawabkan setiap Rupiah anggaran yang digunakan," harap Syafruddin, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (18/1/2019).

Baca Juga: Presiden Jokowi Perintahkan Seluruh Kementerian Lembaga Terintegrasi dalam Sistem Tunggal

Dia melanjutkan, kontra terorisme yang dilakukan BNPT merupakan perang untuk merebut opini publik. Penegakan hukum harus mampu membuktikan teroris adalah musuh masyarakat yang harus diadili karena melanggar hukum Indonesia.

"Simbol negara era demokratisasi berupa penegakan hukum dengan meraih simpati publik," ujar Syafruddin.

Baca Juga: Pemerintah Dukung IKM Sepeda Motor Modifikasi

Sebab jika pelaku teror berhasil menebar ketakutan yang luas maka negara dianggap lemah dan tidak mampu mendapat legitimasi rakyat. Sehingga BNPT harus semakin diperkuat melalui kinerjanya agar dapat meraih kepercayaan dari masyarakat. Sebab saat ini ancaman terorisme sangat dinamis dan sedang bertransformasi.

"Landasan keamanan yang mantap akan menjadi landasan yang kuat untuk berjalannya program ekonomi dan pembangunan," ucap Syafruddin.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini