nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Pemerintah Tingkatkan Kesejahteraan Emak-Emak dan Keluarganya

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 30 Januari 2019 19:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 30 320 2011589 cara-pemerintah-tingkatkan-kesejahteraan-emak-emak-dan-keluarganya-WOozC5vC5q.jpg Menteri Rini Beri Motivasi Nasabah Program Mekaar (Foto: BUMN)

BEKASI - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mendampingi Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke Muara Gembong, Bekasi. Tujuan kunjungan tersebut untuk berdialog langsung dengan ibu-ibu yang menjadi nasabah Program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) besutan PT Permodalan Nasional Madani (Persero).

Dalam kesempatan itu, Menteri Rini ikut memberikan motivasi dan dorongan kepada para nasabah Mekaar secara langsung. Rini berharap agar para nasabah menjalankan usaha dengan penuh kejujuran, disimpulkan dan kerja keras, sehingga usahanya dapat berjalan lancar dan bisa segera naik kelas.

“Tujuan utama program ini bagaimana mendorong pemberdayaan ibu-ibu dalam meningkatkan kesejahteraan keluarganya,” ujarnya di Muara Gembong, Jakarta, Rabu (30/1/2019).

Baca Juga: Presiden Jokowi: Saya Usaha dari Subuh sampai Tengah Malam

Rini menambahkan, pihaknya akan mendorong seluruh nasabah Meekar agar bisa segera naik kelas. Maksudnya adalah dari semula keluarga tersebut hanya menerima bantuan 2 juta kemudian bisa naik terus hingga kepada pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR). .

Di mana nantinya nasabah Mekaar yang telah dinyatakan lolos dalam proses pembinaan yang dilakukan PNM dan telah mempunyai kapasitas naik kelas maka akan mendapatkan fasilitas KUR Mikro dari perbankan Negara. Sehingga, program ini bisa berjalan secara berkelanjutan dan usaha nasabah pun bisa berkembang menjadi lebih besar lagi.

Baca Juga: Pesan Presiden Jokowi untuk Emak-Emak Pelaku UMKM: Harus Jaga Kualitas Barang

“Saya terus mendorong dan memastikan PNM untuk melakukan pembinaan nasabah sehingga usaha mereka bisa naik kelas. PNM juga bersinergi dengan BUMN lainnya dalam menyalurkan pendanaan usaha dan di saat yang sama nasabah juga dibina untuk terus meningkatkan usahanya," katanya.

Sebagai informasi, hingga saat ini jumlah nasabah Mekaar telah mencapai lebih dari 4,1 juta nasabah. Khusus di Kabupaten Bekasi, nasabah Mekaar berjumlah 39.148 orang yang ditunjang dengan 15 kantor cabang. Sedangkan khusus di Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, jumlah nasabah sebanyak 616 orang.  

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini