nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Humpuss Beli Kapal LPG Tanker Harganya USD7,7 Juta

Jum'at 01 Februari 2019 12:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 01 278 2012356 humpuss-beli-kapal-lpg-tanker-harganya-usd7-7-juta-bwEL5L9ump.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA – Setelah sebelumnya menjual satu unit kapal milik anak usahanya, kini PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS) kembali menambah aset perusahaan berupa kapal Liquified Petroleum Gas (LPG) tanker. Dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin perusahaan mengungkapkan, pembelian kapal lewat entitas anak usahanya PT Hutama Trans Kontinental.

Direktur Humpuss Intermoda Transportasi, Taufik Agustono mengatakan, kapal yang berhasil diboyong adalah Motor Tanker (MT) Gas Sincerity senilai USD7,7 juta dari Soleil Trans Inc. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari situs Vessel Finder, kapal LPG Tanker ini adalah kapal berbendera Singapura berukuran 3.818 gross ton (GT) yang dibuat pada tahun 2000.

Disebutkan, transaksi pembelian kapal ini bukan merupakan transaksi afiliasi sesuai Undang-undang no.8 tahun 1995 tentang Pasar Modal (UUPM). "Humpuss Trans Kontinental merupakan anak usaha PT Humpuss Transportasi Kimia. Humpuss Intermoda Transportasi menggenggam 99,9% saham Humpuss Transportasi Kimia,” kata dia, dikutip Harian Neraca, Jakarta, Jumat (1/2/2019).

Baca Juga: Humpuss Intermoda Bidik Pendapatan Tumbuh 21%

Asal tahu saja, pembelian kapal kali ini merupakan bagian dari revitalisasi aset yang dilakukan oleh emiten yang dimiliki oleh Tommy Soeharto ini. Tahun ini, menargetkan pendapatan dan laba tumbuh di atas 20% dari tahun 2018.

Direktur Utama HITS, Budi Haryono pernah bilang, target tersebut didasarkan kepada tren permintaan positif di tiga lini usaha HITS. “Kita lihat saat ini minyak pertumbuhan cukup baik, LNG juga mulai menunjukkan tren positif dan begitu juga dengan segmen usaha kami di dredging, namun meskipun semua segmen mengalami pertumbuhan kontribusi utama kami masih disokong oleh migas,”ujarnya.

Baca Juga: Anggarkan Rp17,3 Miliar, Humpuss Akan Sebar Dividen Rp2,55/Saham

Tahun ini, perusahaan menargetkan investasi mencapai USD62 juta. Adapun investasi tersebut meningkat dari realisasi investasi tahun 2018 yang berjumlah USD19,7 juta. Disampaikan Budi, rencana investasi tahun 2019 meliputi LNG sebesar USD25 juta, oil tanker sebesar USD10 juta, chemical tanker sebesar USD5 juta, dan dredging sebesar USD22 juta.

Perusahaan juga mengungkapkan, realisasi investasi yang berhasil dihimpun oleh HITS terdiri atas investasi dua kapal, yaitu oil tanker sebesar USD8,7 juta dan LPG tanker sebesar USD11 juta. Selain investasi kapal, di tahun 2018 HITS juga meraih investasi LNG sebesar USD20 juta.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini