nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Manfaatkan Sertifikat Tanah, Ibu Ini Bisa Buka Warung

Retno Tri Wardani, Jurnalis · Senin 04 Februari 2019 09:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 04 470 2013410 manfaatkan-sertifikat-tanah-ibu-ini-bisa-buka-warung-Lz7kR9NA1L.png Foto: Ibu Yani Manfaatkan Sertifikat Tanah (Instagram ATR)

JAKARTA - Kementrian Agraria dan Tata Ruang (ATR) atau Badan Pertahanan Nasional (BPN) membagikan jutaan sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada masyarakat seluruh Indonesia.

Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil berharap program PTSL dapat mewujudnyatakan pembangunan yang rata bagi Indonesia.

“PTSL ini mempermudah pemerintah daerah untuk penataan kota. Kami juga memastikan penerima sertifikat tepat sasaran, yakni para nelayan dan petani serta masyarakat lainnya agar mereka dapat memulai peningkatan kualitas hidup yang lebih baik," katanya.

 Baca Juga: Warga Jatim Mulai Rasakan Manfaat Sertifikat Tanah Pemberian Jokowi

PTSL sendiri adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu. Melalui program ini, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atas tanah yang dimiliki masyarakat.

Salah satu dari jutaan masyarakat yang mendapatkan sertifikat ini cukup merasa senang dan terbantu dengan program pemerintah tersebut. Salah satunya Yani dari Desa Sukmajaya, Kabupaten Bogor merupakan salah satu dari jutaan masyarakat penerima sertifikat PTSL yang telah merasakan manfaat akan akses permodalan.

Sertifikat yang diterima oleh Yani menjadi awal yang baik untuk melancarkan usahanya. Berikut manfaat sertifikat tanah seperti dikutip Okezone dalam instagram kementerian.atrbpn, Jakarta, Senin (4/2/2019).

“Nama saya ibu yani tinggal di Nanggela RT 2 RW 4 Desa Sukmajaya Kecamatan Tajur Halang Kabupaten Bogor. Sebelumnya saya sangat bingung karena belum ada modal, semenjak ada sertifikat ya, Alhamdulillah saya jadinya bisa buka usaha warung ini," ujar ibu Yani melalui unggahan videonya.

 Baca Juga: 9 Juta Sertifikat Tanah untuk Rakyat Siap Diterbitkan Tahun Ini

Setelah merasakan manfaatnya dia mulai membuka usaha warung miliknya yang sekaligus menjadi satu dengan tempat tinggalnya. Dia juga mengimbau agar masyarakat yang lain bisa mengikuti jejaknya tersebut.

“Bapak-bapak, ibu-ibu masyarakat Indonesia seluruhnya jangan takut dengan adanya kita harus bikin sertifikat. Karena dengan adanya sertifikat ini sangat berguna bagi kita untuk membuka usaha dan kita bisa gadaikan untuk ke bank," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini