nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Atur Ruangan Rumah Menurut Feng Shui agar Rezeki Tak Seret

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 06 Februari 2019 11:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 06 470 2014268 tips-atur-ruangan-rumah-menurut-feng-shui-agar-rezeki-tak-seret-3fa7cV8YrZ.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Kalangan milenial saat ini sangat bangga jika sudah memiliki rumah atau apartemen sendiri dari pundi-pundi penghasilannya.

Desain minimalis nan mungil dan menyatu dengan keseluruhan ruangan memiliki daya tarik tersendiri karena cenderung lebih praktis. Boleh percaya atau tidak, ternyata menurut pakar fengsui Sundari Wijaya, hal tersebut tidak baik dan menjadi sumber masalah berat, baik yang sudah berkeluarga maupun belum. Namun, kebanyakan dari generasi milenial saat ini lebih suka dengan hal yang praktis di mana semua ingin menjadi satu.

“Terlebih lagi pada tahun babi yang fungsional. Hal terpenting adalah mengerti tentang fungsi ruang dan sesuai dengan kebutuhan. Kalau bisa sesuai dengan bagiannya masing-masing, jangan sampai kamar tidur terbuka dengan dapur, kamar tidur terbuka dengan kamar mandi, makanya kesehatan lebih sering bermasalah,” katanya.

 Baca Juga: 8 Aturan Feng Shui yang Tak Boleh Diabaikan Developer

Menurutnya, keberadaan ruang keluarga dan ruang makan merupakan dua ruang penting yang kerap dilupakan. Terlebih lagi pada tahun ini, banyak potensi terjadi masalah berat dalam keluarga sehingga menata kembali ruang keluarga menjadi hal yang amat penting untuk dilakukan.

“Hal terpenting adalah menata ruang keluarga. Saya pikir yang bermasalah dua tahun ini pasti keluarga, entah hubungan suami istri, orangtua-anak, ditambah tahun babi ini cenderung lambat, bekas masalah pada tahun anjing (masih ada). Jadi, ada baiknya dibuat supaya suasana rumah bisa menghangatkan keluarga, bisa berkembang dengan baik,” kata Sundari.

Dia pun memberikan beberapa contoh kesalahan dalam menata ruang keluarga. Menurutnya, kesalahan dalam menempatkan ruang keluarga bisa menimbulkan konflik dalam keluarga tersebut.

“Jangan sampai ruang keluarga salah posisi atau rumah tusuk sate, ruang keluarga di depan ya konfliklah keluarganya. Utamanya itu, ruang tamu buat terima rezeki, ruang keluarga buat menghidupkan jantung rumah,” ucap Sundari.

Dia menambahkan, jangan sampai ikut-ikutan tren yang akhirnya membuat fungsi beraktivitas di dalam rumah menjadi tidak maksimal. Misalnya membeli apartemen studio, di mana kamar mandi, dapur dan ruang tidur menjadi satu, padahal hal tersebut tidak baik.

 Baca Juga: Nih, 5 Aturan Feng Shui Buat Pilah-Pilih Rumah

Langkah selanjutnya yang harus diperhatikan adalah memastikan cahaya masuk ke dalam rumah dengan cukup karena cahaya juga bisa membuat ruang terasa lebih luas. Jangan halangi sinar matahari alami masuk ke ruangan, makin banyak cahaya masuk, maka ruangan akan terasa lebih lapang. Aksesori lain yang bisa menunjang kesan ruang apartemen berkesan luas adalah cermin.

Cermin bermanfaat untuk menyeimbangkan dimensi ruang, dan merefleksikan desain ruang sehingga ruang terlihat lebih luas. Selain itu, cermin juga dapat memantulkan cahaya alami pada siang hari yang datang dari arah jendela atau pintu dan diteruskan ke ruangan.

“Sebaiknya tempatkan cermin di bidang dinding kosong, misalnya di area foyer agar ruang lebih atraktif. Untuk dimensi yang lebih kecil, bisa dipilih cermin berbingkai, dan gantung di atas meja konsol, credenza, atau lemari berlaci,” kata Sundari. (Aprilia S Andyna)

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini