nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pertumbuhan Ekonomi Jabar Fokus di Segitiga Emas, Apa Itu?

Fathnur Rohman, Jurnalis · Kamis 07 Februari 2019 17:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 07 20 2014938 pertumbuhan-ekonomi-jabar-fokus-di-segitiga-emas-apa-itu-hHZSqaygi7.jpg Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Foto: Okezone)

CIREBON - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebutkan, jika masa depan pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat akan difokuskan di segitiga emas, Kertajati, Patimban dan Cirebon. Memaksimalkan jalannya industri padat karya dan pariwisata di daerah tersebut.

Pria yang kerap disapa Emil itu mengatakan, selama ini industri padat karya di Jawa Barat terpencar di sejumlah wilayah. Atas dasar itulah dirinya memfokuskan agar industri tersebut akan lebih dioptimalkan di sekitar Kertajati, Patimban, Cirebon.

"Industri padat karya akan jadi fokus utama, kita akan pusatkan di daerah ini sehingga tidak mencar-mencar lagi di Jawa Barat," ujarnya saat ditemui Okezone, Kamis (7/2/2019).

Baca Juga: Presiden Jokowi: Pertumbuhan Ekonomi 5,17% Patut Disyukuri

Dirinya juga mengungkapkan, saat ini pihaknya sedang merancang tata ruang yang baik, sehingga bisa menunjang jalannya pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat.

"Mulai semester ini kita akan rancang untuk Wilayah 3, tata ruangnya sedang kita desain. Pembangunan infrastruktur akan kita maksimalkan, bandara-bandara di Sukabumi, Tasikmalaya, dan Pangandaran, jalur kereta api dan lain-lain melengkapi kekuatan Jawa Barat," katanya.

Terakhir, ia menjelaskan, alasan untuk memfokuskan jalannya industri padat karya di segitiga emas Jawa Barat, karena agar bisa menahan para pelaku industri tersebut tidak berpindah ke Jawa Tengah ataupun Vietnam.

"Hari ini industri padat karya pada pinah. Kita akan tahan supaya tidak pindah ke Jawa Tengah atau Vietnam, dengan menyediakan tempat yang cocok di zona ini," jelasnya.

Baca Juga: Ekonomi RI 2018 Tertinggi sejak 2014, Ini Kata BI

Sementara itu, Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita mengatakan, jika Provinsi Jawa Barat, menjadi kontributor ekspor terbesar di Indonesia.

"Jawa Barat sebagai kontributor ekspor tertinggi di Indonesia. Tingkatkan saja, kami harapkan mereka bisa melakukan yang terbaik," pungkasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini